Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

UNJA Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program PPG Prajabatan Tahun 2024

UNJA Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program PPG Prajabatan Tahun 2024

Pewarta: Dimas Anugrah Adiyadmo / Sopia W.F.
Foto: HUMAS

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

JAMBI,- Universitas Jambi (UNJA) siap menerima mahasiswa baru Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan tahun 2024. Penerimaan mahasiswa baru PPG Prajabatan 2024 sendiri merupakan langkah penting dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Jambi.

Program PPG Prajabatan merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan guru-guru yang berkualitas dan siap bersaing di era pendidikan modern. Dengan memadukan teori dan praktek, mahasiswa PPG di UNJA akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini.

Sejalan dengan definisinya, tujuan dari Program PPG ialah untuk mempersiapkan calon guru yang kompeten dan siap menghadapi tuntutan dunia pendidikan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., mengatakan bahwa di masa mendatang semua guru pensiun akan digantikan lulusan PPG Prajabatan.

“Ke depan, semua guru pensiun akan digantikan lulusan PPG Prajabatan. Jadi tidak ada guru baru kalau bukan lulusan PPG Prajabatan, karena kita sedang menyiapkan generasi guru Indonesia yang mempunyai perubahan paradigma dan pola pikir terkait profesi guru,” ungkap Prof. Nunuk.

Dr. Dra. Rosinta Norawati, M.A. selaku Koordinator Program Studi PPG UNJA menyampaikan peranan penting lulusan PPG dalam rekrutmen ASN.

“PPG Prajabatan ini berperan penting dalam rekrutmen ASN khususnya guru professional ke depannya. Karena para lulusan PPG akan lebih diutamakan untuk bisa diterima menjadi guru PNS/PPPK, tidak bisa hanya sebatas lulusan S1 saja. Sekarang, semua bidang studi sudah dibuka baik kependidikan mau pun non-kependidikan, untuk memenuhi target nasional 1.5 juta tenaga kependidikan profesional,” ujar beliau.

Ada pun persyaratan calon mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2024 ialah:

  • Warga Negara Indonesia;
  • Tidak terdaftar sebagai guru/kepala sekolah pada Dapodik;
  • Usia maksimal 32 tahun;
  • Memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV yang terdaftar pada PD-Dikti atau terdata pada basis unit penyetaraan ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri;
  • Memiliki IPK minimal 3,00;
  • Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani;
  • Memiliki surat berkelakuan baik;
  • Memiliki surat keterangan bebas NAPZA;
  • Menandatangani pakta integritas; dan
  • Mengikuti tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.

Perkuliahan PPG Prajabatan dilaksanakan selama 2 semester di LPTIK Penyelenggara PPG yang dipilih calon mahasiswa sebagai preferensi lokasi pengabdian. Untuk di UNJA sendiri, perkuliahan PPG Prajabatan diselenggarakan di Kampus UNJA Pasar yang berlokasi di Jl. Raden Mattaher No.21, Ps. Jambi, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

Biaya pendaftaran seleksi yang harus dibayar oleh calon mahasiswa pada tahap I dan tahap II sebesar Rp.200.000,00 (dua ratus ribu Rupiah).

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan 2024 akan memperoleh beasiswa biaya pendidikan sebesar Rp 17. 000.000,00 (tujuh belas juta rupiah) untuk perkuliahan selama 2 (dua) semester atau 1 (satu) tahun.

Setiap perkembangan informasi penyelenggaraan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024 dapat diakses pada laman https://ppg.kemdikbud.go.id. Informasi linieritas Prodi dapat mengakses laman berikut https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/ppg-prajabatan.