Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pencarian Bakat Unggul: UM Gelar Pembukaan Kompetisi Prestasi Talenta Muda 2024

Pencarian Bakat Unggul: UM Gelar Pembukaan Kompetisi Prestasi Talenta Muda 2024
image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menggelar acara pembukaan Kompetisi Prestasi Talenta Muda (TAMU) UM 2024 dengan tema “Temukan Potensi, Bina Prestasi, Tebar Inspirasi”. Acara digelar pada Jumat 19/4 pukul 13.00 WIB dan berlangsung di aula lantai 9 GKB A20. Acara ini dihadiri oleh Rektor UM, Wakil Rektor (WR) I UM, Kepala Sub Direktorat Seleksi (Kasubdit) UM dan seluruh peserta yang lolos pada tahap seleksi sebelumnya. 

Program kompetisi prestasi TAMU ini merupakan program terbaru dari UM yang dirancang khusus untuk para Talenta Muda yaitu siswa kelas 12 dari SMA/sederajat di seluruh Indonesia yang memiliki prestasi kejuaraan. Tujuan utama Kompetisi Prestasi TAMU UM adalah untuk menemukan potensi siswa SMA/sederajat terbaik yang memiliki semangat tinggi dalam mencapai prestasi dan memperlihatkan kecerdasan mereka untuk turut serta membangun Indonesia. Kompetisi Prestasi TAMU UM ini juga mampu menjadi pemantik motivasi atau semangat bagi siswa/siswi di seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menghasilkan prestasi, baik di tingkat Provinsi, Nasional, maupun Internasional.

Acara pembukaan ini diikuti oleh 65 peserta siswa kelas 12 SMA sederajat dari berbagai sekolah di Indonesia. Acara diawali dengan memanjatkan doa dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., “Saya sangat senang kepada saudara-saudara yang telah hadir disini, saudara merupakan calon mahasiswa baru yang beruntung bisa masuk dalam tahap kompetisi ini di UM,” ucap Rektor UM. 

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. (kanan) memberikan sambutan dalam acara Kompetisi Prestasi Talenta Muda UM 2024

Bagi Rektor UM keberuntungan itu merupakan perjuangan peserta Kompetisi Prestasi TAMU UM untuk dapat meraih prestasi yang gemilang selama duduk di bangku SMA sederajat. Beliau pun juga menyampaikan pesan kepada peserta yang hadir. “Jangan lupa untuk membanggakan orang tua dan jadilah orang yang dapat menginspirasi orang lain dan teruslah menebar prestasi,” pesan Prof. Hariyono. 

Acara pun dibuka oleh Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd., sekaligus beliau memberikan sambutan. “Selamat kepada para peserta yang lolos dan selamat berkompetisi,” ujar WR I UM. 

“Pada ajang kompetisi ini peserta yang lolos dalam seleksi yaitu peserta yang memiliki prestasi dalam bidang penalaran, olahraga, keagamaan dan budaya. Pada akhir acara nanti para peserta yang beruntung akan memperoleh golden tiket masuk UM melalui jalur mandiri dengan beberapa fasilitas salah satunya yaitu bebas iuran pembangunan dan bebas uang kuliah tunggal (UKT),” ungkap Prof. Ibrahim.

Melalui ajang kompetisi ini harapan kedepannya UM dapat menemukan potensi siswa SMA sederajat untuk terus dibina agar konsisten dalam meningkatkan prestasi yang diraih di berbagai ajang perlombaan. UM siap untuk memberikan fasilitas dan memberikan pembinaan bagi para talenta muda yang masuk di UM, sehingga bakat dan potensi yang dimiliki dapat tersalurkan dengan baik. Selain itu, dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat menarik minat para siswa kelas 12 SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UM, mengingat di tahun ini pendaftar dan peminat meningkat daripada tahun sebelumnya, hal ini tampak pada jumlah pendaftar di UM jalur SNBP dan SNBT 2024. 

Kegiatan pembukaan Kompetisi Prestasi TAMU UM diakhiri dengan perkenalan diri oleh masing-masing peserta dan panitia sebelum dilanjutkan pada rangkaian acara berikutnya.

Pewarta: Trisna Marsadi – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM