Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Sarjana Hukum Belajar Apa Aja Sih? Simak Keseruannya Disini!

Sarjana Hukum Belajar Apa Aja Sih? Simak Keseruannya Disini!

Apakah kalian sangat tertarik dengan dunia hukum? Punya cita-cita menjadi seorang sarjana hukum? Kalau kalian ingin sekali menjadi seorang mahasiswa jurusan hukum, akan ada banyak sekali prospek kerja ke depannya lho!

Mengambil jurusan hukum tidak hanya sebatas tentang undang-undang. Kalian akan mempelajari banyak hal lain yang tidak hanya mendalami bidang hukum, tetapi juga membuka wawasan dalam berbagai disiplin ilmu. 

Yuk, simak apa saja yang akan kalian pelajari kalau mengambil jurusan hukum!

Hal-hal yang Dipelajari Ketika Mengambil Jurusan Hukum

Banyak orang beranggapan bahwa jurusan ini hanya mempelajari tentang pasal-pasal dan undang-undang. Namun, kenyataannya jauh lebih luas dari itu.

Pada kenyataannya, jurusan hukum membekali para mahasiswanya dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk berbagai bidang profesi. 

Selain mempelajari berbagai peraturan dan hukum, mahasiswa hukum juga akan mempelajari berbagai aspek lain yang terkait dengan hukum, seperti:

1. Pengantar Ilmu Hukum

Hal pertama yang akan kalian pelajari ketika ingin mengambil jurusan ini adalah mata kuliah Pengantar Hukum dan Ilmu Hukum.

Sebagai mahasiswa, kalian akan diperkenalkan dengan konsep-konsep dasar, sistem hukum, dan berbagai terminologi hukum yang akan menjadi dasar pemahaman selama perjalanan studi.

2. Hukum Perdata dan Hukum Pidana

Sebagai calon sarjana hukum, materi pembelajaran selanjutnya yang akan kalian pelajari adalah Hukum Perdata dan Hukum Pidana.

Di sini, kalian akan diajak memahami norma-norma yang mengatur hubungan antara individu yan diatur dalam Hukum Perdata. Kemudian belajar terkait norma-norma yang berkaitan dengan tindak pidana dan hukuman dalam Hukum Pidana.

3. Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara

Untuk memahami struktur pemerintahan dan prinsip-prinsip dasar negara, mahasiswa hukum juga akan mempelajari Hukum Tata Negara.

Nantinya, kalian akan belajar mengenai konstitusi, sistem politik, serta aspek-aspek administrasi negara. Seru sekali bukan menjadi seorang sarjana hukum?

4. Hukum Internasional dan HAM

Materi pembelajaran selanjutnya yang akan kalian dengan mengambil jurusan Hukum adalah mempelajari hukum ke tingkat global dan juga HAM.

Hukum Internasional dan HAM membahas aspek hukum yang berlaku di tingkat internasional, serta prinsip-prinsip hak asasi yang harus dihormati oleh setiap negara.

5. Praktek Persidangan

Selain kuliah teori, sebagai mahasiswa hukum, nantinya kalian juga akan mempelajari bagaimana praktek persidangan untuk memberikan pengalaman praktis saat nantinya bekerja langsung di dunia hukum. 

Kalian akan belajar penelitian kasus nyata, negosiasi, dan advokasi.

Nah, itulah sedikit cuplikan mengenai mata kuliah jurusan hukum. Kalau kalian tertarik menjadi seorang sarjana hukum, yuk ambil jurusan Ilmu Hukum di kampus terbaik yaitu UNNES. Prodi Ilmu Hukum UNNES sudah berhasil meraih akreditasi A, sehingga peluang kerja akan semakin terbuka! Gabung segera di sini!