Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Polmed Berpartisipasi dalam Annual Conference Indonesia – China on TVET Coorperation and Development

Polmed Berpartisipasi dalam Annual Conference Indonesia – China on TVET Coorperation and Development

Politeknik Negeri Medan (Polmed) aktif mengambil bagian dalam Annual Conference Indonesia – China on Technical Vocational Education and Training (TVET) Cooperation and Development yang diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (24-26/4/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat komunikasi dan kerja sama antara perguruan tinggi vokasi Indonesia dan perguruan tinggi China, serta kementerian/lembaga dan mitra industri.

Dalam konferensi ini, Polmed turut serta dalam diskusi dan pertemuan antara berbagai stakeholder terkait pendidikan vokasi. Fokus utama kegiatan ini adalah mendapatkan informasi terkait praktik baik yang telah dilakukan oleh berbagai lembaga pendidikan vokasi, melakukan pemetaan terhadap mitra potensial baik dari dalam negeri maupun China, serta mengembangkan strategi kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan pendidikan vokasi.

Mewakili Direktur, Wakil Direktur Bidang Kerja Sama dan Humas, Dr. Arif Ridho Lubis, B.IT., M.Sc., IT menghadiri acara langsung sekaligus menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Shanxi Vocational University of Engineering Science and Technology. Disamping itu, Politeknik Negeri Medan dan beberapa institusi dari China juga melakukan penjajakan dan saling bertukar informasi yang nantinya akan  ditindaklanjuti untuk melakukan kerja sama.

Direktur Polmed, Dr. Ir. Idham Kamil, S.T., M.T, turut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berperan dalam suksesnya Annual Conference Indonesia – China on Technical Vocational Education and Training (TVET) Cooperation and Development.

Beliau menambahkan “Kegiatan ini telah menjadi platform yang sangat berharga bagi Politeknik Negeri Medan untuk berkolaborasi dengan berbagai institusi pendidikan vokasi dan industri, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari China.”

“Polmed akan terus berkomitmen untuk terus menjadi motor penggerak dalam pengembangan pendidikan vokasi yang berdaya saing tinggi dan relevan dengan tuntutan industri.” Ujar Direktur.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 31 politeknik yang ada di Indonesia dan 16 kampus dari China ini memberikan peluang baik dari pihak kampus China juga Indonesia untuk dapat langsung berkomunikasi, mengenalkan institusi masing-masing dan melakukan kerja sama yang sesuai dengan pofil masing-masing institusi.

Kehadiran Politeknik Negeri Medan dalam acara ini menjadi langkah konkret dalam upaya memperluas jejaring kerja sama internasional di bidang pendidikan vokasi. Dengan adanya pertukaran informasi dan praktik baik antara Indonesia dan China, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam meningkatkan mutu pendidikan vokasi serta persiapan tenaga kerja yang lebih kompeten dan siap bersaing di dunia industri global.