Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Wujud Nasionalisme dan Keberpihakan pada Mahasiswa, UM Izinkan Nonton Bareng Indonesia vs Uzbekistan

Wujud Nasionalisme dan Keberpihakan pada Mahasiswa, UM Izinkan Nonton Bareng Indonesia vs Uzbekistan
image_pdf

Sebagai wujud nasionalisme dan keberpihakan pada mahasiswa, UM izinkan nonton bareng (nobar) Indonesia vs Uzbekistan di videotron depan Graha Rektorat UM pada Senin (29/04). Kegiatan ini diprakarsai oleh Arek Cakrawala atau Suporter yang berasal dari seluruh fakultas di UM yang kemudian dinamakan ACXUM. Nobar ini dihadiri oleh kurang lebih 3000 mahasiswa dari berbagai Fakultas di UM. Menurut ketua pelaksana, nobar ini bukanlah yang pertama kali melainkan nobar yang sudah kesekian kalinya. 

“Sebelumnya, kita sering mengadakan nobar di UM tapi di learning space dan kali ini baru pertama dilakukan di videotron depan rektorat dan ternyata antusiasnya sangat luar biasa, bahkan jumlah peserta kisaran 3000 orang,” ujar Ketua Pelaksana, Muh Ihsan Romadoni. 

Menurut penuturan Ketua Pelaksana, Muh Ihsan Romadoni, tujuan dari nobar ini guna menyatukan semua mahasiswa UM untuk memberikan dukungan kepada tim nasional (Timnas) di UM dan menikmati fasilitas di UM ini. Romadoni juga menyampaikan bahwa pihak UM sangat terbuka dan memberikan kemudahan dalam proses perizinan. 

“Untuk urusan surat menyurat sudah kami siapkan sejak pukul 08:00, perizinan tidak terlalu sulit. Kami juga ucapkan terima kasih banyak kepada Wakil Rektor II yang sudah menyetujui nobar ini,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Doni itu. Meskipun ACXUM bukan UKM atau organisasi resmi di UM dan hanya komunitas, namun berkat kerjasama serta komunikasi positif dengan BEM UM dan juga pihak universitas kegiatan nonton bareng ini bisa diadakan.

Euforia penonton sangat terasa, dengan nyanyian yel-yel dan dukungan untuk Indonesia serta pernak pernik bendera yang dikibarkan dan ditempelkan di pipi penonton. Selain nonton bareng, ternyata kegiatan ini juga menjadi perantara hubungan baik serta ajang tukar pikiran bagi para mahasiswa. 

Kegiatan ini berakhir kurang lebih pukul 00.00 WIB. Meski Tim Indonesia belum berhasil lolos ke babak final, kegiatan semacam ini akan terus diupayakan untuk digelar. Rencananya, ACXUM akan mengadakan nonton bersama pada perebutan juara 3 di Piala AFC U-23 mendatang.

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM