Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pendaftaran Dibuka, 14 Prodi IUP Punya Kesempatan Belajar ke Mancanegara

Pendaftaran Dibuka, 14 Prodi IUP Punya Kesempatan Belajar ke Mancanegara

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran membuka pendaftaran program Sarjana Kelas Internasional (International Undergraduate Program/IUP) pada 29 April hingga 1 Juni 2024. Berbeda dengan seleksi program Sarjana lainnya, seleksi program IUP murni menggunakan nilai rapor dan kemampuan bahasa Inggris.

“IUP adalah seleksi masuk Unpad yang tidak mengggunakan nilai UTBK. Ini kesempatan bagi yang memang tidak ikut UTBK atau orientasinya ikut ujian mandiri, bisa mendaftar di kelas internasional ,” kata Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, PhD.

Anas menjelaskan, tahun ini, ada 14 program studi yang dibuka pada program IUP, yaitu Akuntansi (Double Degree), Manajemen (Double Degree), Ekonomi Islam, Ilmu Ekonomi (Double Degree), Bisnis Digital (Double Degree), Perikanan (Double Degree), Ilmu Kelautan (Double Degree), Kedokteran Gigi, Farmasi, Hukum, Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, dan Kedokteran.

Setiap program studi telah memiliki kerja sama dengan mitra perguruan tinggi di luar negeri. Mahasiswa bisa berkesempatan pergi ke luar negeri untuk melakukan program pertukaran hingga studi selama satu semester atau satu tahun. mahasiswa program IUP tetap bisa berkesempatan mendapatkan beasiswa perkuliahan.

Selain mendapatkan pengalaman studi di luar negeri, program IUP Unpad juga menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan iklim akademik internasional. Mahasiswa bisa ikut serta dalam komunitas internasional sehingga bisa mempersiapkan diri sedini mungkin untuk bisa memasuki pasar global.

“Sehingga tidak ada barrier lagi untuk bisa sosialisasi dan berkomunikasi dengan masyarakat internasional,” tutur Anas.

Pada tahun ini, daya tampung program IUP masing-masing 40 mahasiswa per program studi. Khusus untuk prodi Kedokteran Gigi, daya tampung yang dibuka sebanyak 30 orang. Program ini menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, dan kurikulum yang digunakan telah sesuai dengan kurikulum perguruan tinggi mitra.

Anas mengatakan, penilaian IUP didasarkan atas nilai rapor dan kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL/TOEP/ELT/TKBI, IELTS dari lembaga yang diakui Unpad. Penilaian nilai rapor akan fokus pada 10 mata pelajaran.

Pengumuman seleksi IUP akan diumumkan pada 8 Juni mendatang. Anas mengatakan, pengumuman program IUP dibuka terlebih dahulu dari pengumuman UTBK. “Jadi ada kepastian dan calon mahasiswa baru bisa mempersiapkan perkuliahan lebih awal,” pungkasnya.

Informasi lebih lanjut melalui IUP Unpad dapat dilihat di laman https://smup.unpad.ac.id/seleksi-kelas-international/.*