Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Pastikan Pelaksanaan UTBK-SNBT di Unpad Berjalan Optimal

Rektor Pastikan Pelaksanaan UTBK-SNBT di Unpad Berjalan Optimal

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti memastikan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT)  2024 di Pusat UTBK Unpad berjalan maksimal.

Hal tersebut disampaikan Rektor saat meninjau hari pertama pelaksanaan UTBK di kampus Unpad, Jatinangor, Selasa (30/4/2024). Kendati sempat diwarnai gangguan jaringan, pelaksanaan UTBK-SNBT di sesi pertama semaksimal mungkin berjalan sesuai jadwal.

“Yang kami yakini, peserta tetap semangat dan mereka tidak akan dirugikan. Karena peserta tetap dilayani sesuai jamnya dengan waktu yang sudah disediakan,” kata Rektor.

Pada tahun ini, sebanyak 10.321 peserta melaksanakan ujian di Pusat UTBK Unpad. Pelaksanaan ujian sendiri digelar di dua lokasi, yaitu kampus Unpad di Jatinangor serta kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Rektor mengatakan, panitia sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan kecurangan selama UTBK-SNBT. Hal pertama yang dilakukan adalah pengaturan jumlah peserta di setiap ruangan. Dalam satu ruangan, peserta ditempatkan berselang-seling.

Selanjutnya, kata Rektor, panitia telah mengingatkan peserta mengenai tindak lanjut jika ditemukan kecurangan. Selain itu, aplikasi ujian pun bisa langsung dipantau oleh pengawas ruangan maupun melalui dasbor aplikasi.

“Kita sudah pastikan keamanan berlapis. Jadi kalau ada kelakukan yang mencurigakan panitia langsung mendatangi,” ujarnya.

Rektor mendorong peserta untuk mematuhi tata tertib UTBK dan siap melaksanakan ujian. “Tolong datang tepat waktu, kondisinya sehat, yakini dan ikuti ujian dengan baik. Kalau mereka mengikuti seperti petunjuk yang diatur panitia, mereka sudah berbuat maksimal,” pungkas Rektor.*