Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

PPID UM Terima Kunjungan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

PPID UM Terima Kunjungan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)
image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menerima kunjungan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam rangka studi komparatif terkait dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat implementasi nilai-nilai Pancasila di lingkungan perguruan tinggi serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan informasi publik. Acara ini digelar di Gedung Graha Rektorat UM lantai 9, Senin (06/05).

Dalam kunjungan kerja tersebut, dihadiri langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd dan jajaran pejabat UM lainnya. Sedangkan dari tim dari BPIP dipimpin oleh Tonny Agung Arifianto, S.E., M.A.B, Selaku Sekretaris Utama BPIP.

Tonny Agung Arifianto, S.E., M.A.B, mewakili rombongan dari BPIP menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke UM. “Tujuan utama kami di BPIP ingin benar-benar memastikan bahwa informasi yang telah disediakan UM harus disampaikan kepada publik secara riil. Melihat rekam jejak UM yang sangat luar biasa apalagi kemarin telah menerima penghargaan terbaik dalam aspek pengelolaan keterbukaan informasi publik. Kunjungan kita ini dalam rangka untuk memastikan langsung pengelolaan informasi yang ada di PPID UM.”

Prof. Dr. Hariyono menyambut baik kedatangan rombongan dari BPIP dan mengucapkan rasa terima kasih telah berkunjung ke UM. “Kehadiran BPIP untuk mengetahui PPID di UM ini memang kita lakukan sejak sistematik yang pertama, kita sadar bahwa transformasi Indonesia menjadi negara merdeka secara politik itu mudah, yaitu secara deklarasi proklamasi. Namun yang sulit untuk dimerdekakan itu adalah mentalnya, orangnya sudah merdeka namun mentalnya masih kolonial,” ungkap Prof. Dr. Hariyono

“Contohnya, di dunia periklanan saja itu orang yang cantik adalah orang yang putih, padahal orang Indonesia asli tidak ada yang putih, namun mindset kita itu masih mindset barat, itu yang tidak kita sadari, sehingga dalam hal ini perlu untuk kita tingkatkan rasa nasionalisme kita,” tambah Prof. Hariyono.

Sebagai penutup, Rektor UM menekankan bahwa UM itu bukan punya rektor, juga bukan punya majelis amanat saja, namun UM itu milik publik. Oleh karena itu, UM secara terbuka berupaya untuk selalu mempublikasikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat baik publik maupun mahasiswa.

Wakil Rektor IV Prof. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, PH. D juga menjelaskan terkait sistem informasi di UM. “Sistem keterbukaan informasi di UM juga melibatkan mahasiswa didalamnya untuk mengelola informasi dan media di UM secara kreatif. UM pun juga telah mendapatkan beberapa penghargaan dalam bidang keterbukaan informasi.”

Acara kunjungan ini dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata antar kedua pihak dan foto bersama, dilanjutkan keliling bersama mengunjungi ruangan kerja PPID UM. Kunjungan kerja ini diharapkan dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara BPIP dan perguruan tinggi di Indonesia dalam mendukung implementasi nilai-nilai Pancasila serta peningkatan tata kelola informasi publik yang baik dan benar.

Pewarta: Tri Anggara Medhi Sampurno – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM