Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Asesmen Lapangan: Langkah Prodi Tadris Matematika Menuju Akreditasi Unggul

Asesmen Lapangan: Langkah Prodi Tadris Matematika Menuju Akreditasi Unggul

Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi, merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar di Provinsi Jambi. Untuk meningkatkan kualitas dan reputasi, UIN STS Jambi terus menggenjot program studi yang akan reakreditasi dapat memperoleh standar unggul. Hari ini, Jum’at (3/05) Prof. Dr. Heni Pujiasturi, M.Pd, dan Dr. Elah Nurlaelah, M. Si tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik), melakukan asesmen lapangan untuk Program Studi (Prodi) Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. As’ad, M.Pd bersama-sama dengan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd, sepakat menekankan pentingnya Prodi memperoleh akreditasi unggul. Akreditasi unggul adalah peluang bagi Prodi Tadris Matematika untuk menempatkan posisi yang sama dengan perguruan tinggi umum. Dengan model perekrutan dosen untuk Prodi umum di UIN STS Jambi, didukung fasilitas maka kepercayaan masyarakat Jambi akan meningkat.

Prof. As’ad menegaskan bahwa kesuksesan Prodi Tadris Matematika merupakan prioritas. “Jika dahulu Prodi Tadris Matematika di UIN STS Jambi dipandang remeh, tetapi tidak untuk sekarang. Saat ini kualitas alumni dan dosen di Tadris Matematika bahkan jauh lebih baik dari perguruan tinggi umum,” ungkapnya.

Hal ini didukung dengan tersedianya 360 lokal kuliah, laboratorium terpadu, sarana dan prasarana olahraga, perpustakaan, dan koneksi intenet yang tersedia di seluruh gedung di lingkungan UIN STS Jambi. Selain itu, akan segera di revitalisasinya 17 gedung menjadi asrama sutha, akan semakin menambah kenyamanan mahasiswa.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim percepatan akreditasi atas dedikasi dan kerja keras mereka. “Saya sangat terharu dan berterimakasih atas upaya seluruh tim untuk meningkatkan kualitas pendidikan di fakultas kita, saya yakin dengan semangat yang besar dari seluruh tim, Prodi Tadris Matematika akan terakreditasi unggul” tambahnya.

Menurut Prof. Dr. Heni Pujiasturi, M.Pd, asesmen lapangan merupakan langkah penting dalam proses akreditasi. “Kami perlu memastikan bahwa apa yang tercantum dalam dokumen borang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Ini ibarat memotret, jika dokumen yang diajukan ada yang kurang jelas, maka di lapangan kita akan memotret dengan lebih jelas,” ujarnya.

Pembukaan diakhiri dengan penandatangan berita acara asesmen lapangan oleh Dekan FTK dan asesor utama. Proses menuju akreditasi unggul tidaklah mudah, dibutuhkan komitmen dan kerja keras bersama. UIN STS Jambi optimis, Prodi Tadris Matematika dapat meraih akreditasi unggul. (*)