Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UM Gelar INOVA 2024, Ajang Kompetisi Penuh Inovasi Bagi Mahasiswa

UM Gelar INOVA 2024, Ajang Kompetisi Penuh Inovasi Bagi Mahasiswa
image_pdf

Menjelang akhir semester genap, Pusat Mata Kuliah Universitas (PMKU) Universitas Negeri Malang (UM) gelar acara festival untuk mata kuliah manajemen inovasi dengan judul Inovation Festival (INOVA) 2024. Acara ini digelar di Gedung Sasana Budaya UM pada Senin (6/05/2024) dengan tema “Integrasi Teknologi dan Kreativitas untuk Mendukung Inovasi”. Acara yang berlangsung selama dua hari ini digelar setiap akhir semester untuk mata kuliah manajemen inovasi.

Selain pameran, INOVA 2024 juga menawarkan berbagai kegiatan menarik lainnya, termasuk seminar terkait dengan inovasi dan penampilan karya inovatif dari mahasiswa. Ketua LPPP Prof. Dr. Handika, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara INOVA ini merupakan acara rutin setiap akhir semester yang digelar oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah manajemen inovasi. Acara ini digelar sebagai ajang bagi akademisi di UM untuk saling bertukar pikiran dan melihat hasil inovasi yang telah diciptakan. 

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd sangat berterimakasih atas digelarnya acara ini serta berharap kedepannya acara bisa lebih baik lagi. “Terimakasih kepada LPPP UM yang telah menyelenggarakan acara ini dan memfasilitasi serta memberikan peran mahasiswa sebagai panitia dalam artian momentum ini adalah dari mahasiswa kembali ke mahasiswa,” ujar Prof. Hariyono. Usai menyampaikan sambutan, Rektor UM secara resmi membuka acara INOVA 2024 ini.

Roby Alqathani selaku ketua panitia menyampaikan bahwa persiapan yang diperlukan dalam menyelenggarakan acara ini cukup panjang dari bulan Februari. Untuk panitianya sendiri dibentuk dari tim yang terdiri dari mahasiswa yang mengikuti mata kuliah manajemen inovasi. “Setiap dosen mendelegasikan 3-4 orang di setiap kelas untuk menjadi panitia, kemudian kami berkumpul di Gedung Graha Rektorat untuk membentuk panitia inti,” ujar Roby.

Menurut pengakuan ketua panitia Roby Alqathani ada sekitar 300 lebih produk mahasiswa yang dipamerkan di acara ini yang ditampilkan dalam bentuk banner cetak. Acara ini juga dilengkapi dengan penampilan dari ormawa serta seminar yang akan diisi oleh Dr. Sopingi, M.Pd dan Dr. Riyan Arthur, M.Pd.

Roby Alqathani juga menginformasikan dalam acara ini bahwa setiap produk akan dinilai oleh dosen, sebab produk-produk tersebut akan dilombakan dan informasi perolehan juaranya akan diumumkan dihari kedua. Robby juga berharap dengan adanya acara festival ini semoga bisa menjadi dorongan mahasiswa untuk berkarya dan menuangkan ide menariknya dalam produk dan semoga produk yang telah dihasilkan mahasiswa dapat dikembangkan untuk penelitian dengan dosen.

Acara INOVA 2024 ini juga ikut mendorong integrasi teknologi dan kreativitas, menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menampilkan karya inovatif mereka. Hal Ini sejalan dengan upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke 9 yang menekankan pentingnya membangun infrastruktur yang kokoh, mempromosikan industrialisasi yang inklusif dan mendorong inovasi.

Dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta dan pengunjung, INOVA 2024 UM berhasil menciptakan momentum yang membangkitkan semangat inovasi di kalangan komunitas akademik khususnya di UM.

Pewarta: Tri Anggara Medhi Sampurno – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM