Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mantap! Perpustakaan UNDIP Perpanjang Waktu Layanan

Mantap! Perpustakaan UNDIP Perpanjang Waktu Layanan

Perpustakaan Universitas Diponegoro (UNDIP) terus memberikan layanan prima bagi mahasiswa, dosen, tendik dan warga kampus lainnya berkunjung dan menikmati layanan hingga pukul 19.00 WIB. Sebelumnya layanan dan waktu berkunjung ke perpustakaan UNDIP disesuaikan dengan jam kerja yakni pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB. Mengingat minat mahasiswa berkunjung ke perpustakaan meningkat, maka UPT Perpustakaan dan Undip Press meningkatkan layanan dengan menambah jam kunjungan yakni pukul 16.00 s.d. 19.00 WIB. Penambahan layanan berkunjung ke perpustakaan UNDIP dari pukul 16.00 s.d. 19.00 WIB resmi dilaunching oleh Wakil Rektor Komunikasi dan Bisnis UNDIP Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D.bertempat di UPT Perpustakaan dan Undip Press lantai 1 pada Jumat (3/5/2024). Adapun penambahan jam layanan terhitung mulai tanggal 1 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Komunikasi dan Bisnis Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. menyampaikan bahwa penambahan layanan waktu berkunjung ke perpustakaan UNDIP merupakan terobosan yang sangat berdampak, terutama bagi mahasiswa. Mengingat waktu kuliah hingga sore, sehingga masih memiliki waktu untuk berkunjung ke perpustakaan Undip hingga pukul 19.00 WIB. Prof Budi juga berpesan kepada pengunjung perpustakaan untuk saling menjaga sehingga keamanan dan kenyamanan turut terjaga.

“Jika jaman dahulu seorang begawan harus bertapa dan menjauh dari kerumunan. Tidak dengan saat ini, sebaliknya begawan ataupun orang yang berilmu adalah mereka yang sering berkunjung ke perpustakaan untuk membaca guna menambah pengetahuan dan ilmu,” kata Prof Budi Setiyono. Ia menambahkan bahwa perpustakaan bukan saja tempat membaca, tetapi menjadi ruang diskusi dari berbagai bidang ilmu serta memperluas relasi. “Manfaatkan perpustakaan dengan sebaik mungkin, dapat pula dimanfaatkan untuk podcast atau obrolan santai lainnya yang berguna dan menambah wawasan,” imbuhnya.

Sementara Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press Suwondo, S.Hum., M.Kom. melaporkan bahwa pengunjung Perpustakaan UNDIP jumlahnya semakin meningkat. Peningkatan jumlah pengunjung didorong oleh ruang perpustakaan yang nyaman dan ber-AC. Bukan hanya ruang baca yang nyaman, tetapi juga petugas yang ramah melayani dengan menerapkan 5 S (Sapa, Senyum, Salam, Sopan dan Santun).

Fasilitas yang turut dijaga di perpustakaan UNDIP adalah toilet yang selalu bersih dan disediakan dispenser untuk pengunjung yang ingin minum. Perpustakaan UNDIP juga telah banyak menggelar sebanyak 51 webinar yang telah diunggah melalui akun youtube UPT Perpustakaan dan Undip Press hingga memperoleh banyak penghargaan salah satunya adalah mendapatkan penghargaan ranking 1 se-Indonesia dari Emerald Publishing Universitas Diponegoro mendapatkan penghargaan dengan menempati peringkat ke-7 dunia, dan peringkat ke-2 se-Asia.

Pada akhir acara launching layanan Perpustakaan UNDIP, diumumkan beberapa kategori sebagai apresiasi bagi pengunjung dan pengguna layanan perpustakaan UNDIP, antara lain

  1. Sahabat perpustakaan : Oesman Umar
  2. Duta baca mahasiswa : Iamnda Putri L Latif (FH)
  3. Duta baca tendik : Utami Setyowati, S.S., M.I.Kom.(unit Biro Komunikasi dan Bisnis)
  4. Duta baca dosen : Heriyanto, S.Sos., M.IM., Ph.D. (FIB)
  5. Pemustaka favorit : Fariz Arza Nurrahman (FSM)

(Ut-Humas)