Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Gelar Jogjakarta Communication Conference, APIK PTMA Gagas Komunikasi dalam Pembangunan Berkelanjutan

Gelar Jogjakarta Communication Conference, APIK PTMA Gagas Komunikasi dalam Pembangunan Berkelanjutan

Konferensi akademik tingkat internasional bertajuk Jogjakarta Communication Conference (JCC) (Dok. Istimewa)

Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (APIK PTMA) menggelar konferensi akademik tingkat internasional bertajuk Jogjakarta Communication Conference (JCC). Konferensi diadakan secara daring pada Rabu, 7 Mei 2024. Pembicara berasal dari berbagai negara yaitu Brazil, Cina, Kirgistan, Indonesia, dan Filipina. Tema utama adalah tantangan komunikasi dalam pembangunan berkelanjutan di era digital.

“Penyelenggaraan konferensi ilmiah kelima dari JCC ini, menjadi media untuk saling berbagi pengetahuan terutama hasil riset di bidang ilmu komunikasi,” ujar Dr. Choirul Fajri, S.I.Kom. M.A. selaku Ketua APIK PTMA. Fajri menambahkan bahwa dengan adanya JCC, perguruan tinggi Ilmu Komunikasi bisa meningkatkan capaian rekognisi dan publikasi penelitian.

JCC, sebagai satu konferensi akademik internasional di bawah naungan APIK PTMA, yang memasuki penyelenggaraan kelima berlangsung meriah. Dengan pembicara dari lima negara dan diikuti oleh 150 peserta dari 14 afiliasi kampus dalam serta luar negeri, menjadikan JCC terekognisi sebagai konferensi akademik internasional.

Konferensi internasional ini melibatkan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai co-host. Prodi Ilmu Komunikasi di berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah mengirimkan peserta, bersama dengan berbagai kampus lain baik dari dalam maupun luar negeri. Meskipun dilaksanakan secara daring, untuk menjaga kualitas konferensi, panitia konferensi JCC menakhodai jalannya konferensi secara kolektif dari Gedung Suara Muhammadiyah Tower.

uad.ac.id