Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Malaysia Ini Dapatkan Ilmu STEM Untuk Anak Dari Dosen Umsida

Mahasiswa Malaysia Ini Dapatkan Ilmu STEM Untuk Anak Dari Dosen Umsida

Umsida.ac.id– Fitria Wulandari MPd dosen program studi (prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berikan ilmu STEM pada mahasiswa Internasional saat lakukan visiting lecture di Banggunan Blok A Lantai 2 Fakulti pendidikan Universitas Malaya Malaysia, Senin (29/04/2024).

Dengan tema pengajaran “STEM in Early Childhood to Improve Student Creativity” yang diberikan kepada mahasiswa disana, Fitria Wulandari menindaklanjuti kerjasama yang sebelumnya terjadi antara Umsida dengan Universitas Malaya dengan bentuk visiting lecture ini.

Sebanyak 48 mahasiswa hadir dan meningkatkan pengetahuan mereka mengenai pentingnya peningkatan kreativitas anak usia dini.

Baca juga: Dosen Umsida Kembangkan Lazismu Jawa Timur Dengan Branding Digital Fundraising

Dosen Umsida Jelaskan Pentingnya STEM Kepada Mahasiswa Internasional

Dalam kesempatan tersebut, Fitria Wulandari menjelaskan pemahaman tentang “Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM), dasar pemikiran STEM, pentingnya STEM untuk anak usia dini, penggunaan looss part untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini, mengembangkan kreativitas anak melalui 4P dan ciri-ciri anak”.

“Bermain adalah saat yang tepat mempelajari STEM,” Imbuhnya.

Mahasiswa Malaysia Ini Dapatkan Ilmu STEM Untuk Anak Dari Dosen Umsida

Selain itu dalam kesempatan tersebut Ia memberikan penjelasan tentang pentingnya STEM untuk anak usia dini antara lain:
1. STEM mengintegrasikan berbagai hal, membuat hubungan atau interkineksi, membangun dan menguatkan jejaring dalam otak.
2. STEM memungkinkan anak memperoleh pengalaman belajar melalui bermain untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak.
3. STEM memberikan pengalaman langsung yang bermakna dan menyenangkan bagi anak.
4. STEM menumbuhkan sikap positif terhadap berbagai bidang ilmu yaitu sains dan matematika.
5. STEM menumbuh kembangkan rasa ingin tahu anak secara alamiah.
6. STEM membangun kepekaan anak terhadap masalah, serta empati terhadap kondisi di sekelilingnya.

Menurutnya memberikan perkuliahan dengan menggunakan bahasa melayu dan bahasa inggris menjadi tantangan tersendiri pada saat mengajar.

Kegiatan ini mendapatkan respon antusias yang baik oleh mahasiswa Undergraduate Bachelor of Early Childhood education Universiti Malaya.

Baca juga: 4.000 Leboh Orang Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Umsida

“Saya sebagai salah seorang pelajar di dalam kelas pada hari itu sangat berpuas hati dengan topik yang diajarkan kerana buk wulan menerangkan setiap satu perkara yang terdapat dalam slide. sejujurnya, pandangan saya dahulu terhadap STEM amat sedikit, saya juga pernah merasakan STEM ini sukar buat anak-anak. namun setelah penerangan oleh buk wulan, pandangan saya telah berubah tentang STEM. saya baru mengetahui apa itu STEM, kenapa ia penting kepada pendidikan awal kanak-kanak” tegas Niknad salah satu mahasiswa.

Mahasiswa Malaysia Ini Dapatkan Ilmu STEM Untuk Anak Dari Dosen Umsida

Acara berjalan dengan Lancar serta diakhir kegiatan, seluruh dosen beserta mahasiswa berfoto bersama di ruang kelas.

Penulis : Fahdianti

Editor: Rani Syahda