Selasa, 25 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Renovasi Gedung D1 Asrama UI Guna Peremajaan

Renovasi Gedung D1 Asrama UI Guna Peremajaan

Depok, 11 Juni 2024. Dalam upaya penyediaan fasilitas asrama yang nyaman bagi mahasiswa,   Universitas Indonesia (UI) melalui Majelis Wali Amanat (MWA UI) melakukan renovasi pada salah satu gedung yang menjadi bagian dari kompleks Asrama UI, yakni Gedung D1. Pengoperasian bangunan tersebut tersebut dilakukan setelah serah-terima antara Majelis Wali Amanat (MWA)—yang pada kesempatan itu diwakili oleh Anggota MWA Periode 2019–2024, Yohanes Jap, S.A., S.E.—dengan Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, Jumat (7/6), di Asrama UI.

Menurut Prof. Dedi, renovasi Gedung D1 yang dilakukan MWA UI menunjukkan kepedulian bersama terhadap kebutuhan para mahasiswa. “Mahasiswa yang tinggal di Asrama UI berasal dari berbagai tempat di tanah air dan mahasiswa asing dari mancanegara. Oleh karena itu, Asrama UI akan terus dikembangkan dan dilakukan perbaikan sebagaimana yang dilakukan pada Gedung D1. Semoga Asrama UI pelan, namun pasti akan mencapai performa terbaiknya, sehingga layak menjadi benchmark bagi perguruan tinggi lain,” ujarnya.

Asrama UI memiliki lebih dari 1.225 kamar yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti jaringan wi-fi, kantin, musala, minimart, layanan laundry, dan pengamanan 24 jam. Untuk Gedung D1, renovasi yang dilakukan meliputi perbaikan lobi dan pintu utama, penggantian 153 pintu kamar tidur dan 54 pintu toilet, pengecatan seluruh dinding luar dan dalam bangunan, serta perbaikan seluruh lantai, dinding, dak, plafon, termasuk area service dan toilet.

Yohanes Jap yang menginisiasi renovasi tersebut menyebutkan bahwa renovasi Gedung D1 dilakukan sejak Agustus 2023 sampai Januari 2024. Supervisi dilakukan dengan mengunjungi asrama setiap akhir minggu untuk memastikan bahwa perbaikan yang dilakukan berjalan lancar dan tepat waktu. “Renovasi dilakukan untuk membantu mewujudkan fasilitas yang baik bagi mahasiswa di Asrama UI. Semoga fasiltas ini dapat terjaga dan terawat agar seluruh mahasiswa dapat merasakan kenyamanan,” kata Yohanes.

Ketua MWA UI Periode 2019–2024, Dr. (H.C.) Noni Purnomo, B.Eng., M.B.A., mengatakan perlunya penyediaan fasilitas untuk mendukung perkuliahan dan aktivitas mahasiswa, sehingga mereka lebih berkonsentrasi dan fokus dalam belajar. Menurut Noni, fasilitas yang disediakan oleh kampus sangat berpengaruh terhadap reputasi universitas.

“Reputasi adalah outcome yang paling penting bagi universitas, termasuk untuk UI. Karena itulah reputasi menjadi perhatian penting bagi MWA Periode 2019–2024. Hal ini dilakukan salah satunya dengan memperhatikan UI di mata mahasiswa, termasuk mahasiswa asing yang merupakan duta UI bagi dunia internasional,” ujar Dr. Noni.

Setelah seremoni serah terima tersebut, para undangan mulai dari kamar tidur , ruang belajar, hingga kamar mandi. Gedung ini diharapkan dapat menjadi contoh dalam pengembangan dan perbaikan Asrama UI secara keseluruhan.