Selasa, 25 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Kolaborasi Serumpun di Summer Course dan Java Bali Overland Tour 2024

Kolaborasi Serumpun di Summer Course dan Java Bali Overland Tour 2024

Depok, 10 Juni 2024. Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa, Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Pariwisata, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), bekerja sama dengan Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam, Malaysia, mengikuti kegiatan summer course dan Java Bali Overland Tour (JBO) 2024. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan prodi Manajemen Bisnis Pariwisata tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2022 dan 15 mahasiswa UITM sejak 26 Mei – 2 Juni 2024. Tahun ini, JBO 2024 mengunjungi sejumlah objek wisata favorit di Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Bali.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, JBO 2024 kali ini juga diikuti dengan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) dan international mobility. “Kami berharap program kolaborasi internasional ini dapat terus berkembang, baik melalui kegiatan student mobility maupun kegiatan tridarma lainnya,” ujar Padang Wicaksono, S.E., Ph.D., Direktur Program Pendidikan Vokasi UI. Ia menambahkan bahwa kegiatan kolaborasi dengan UITM Shah Alam merupakan kolaborasi internasional yang menarik dan kreatif. Padang berharap agar mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mereka pada bidang pariwisata, mendapatkan pengalaman baru, serta mengimplementasikan materi yang sudah diterima selama perkuliahan.

Sebagai wujud pemberdayaan masyarakat, mahasiswa dan dosen melakukan kegiatan pengmas berupa sosialisasi dan penyuluhan di Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta; Fave Hotel, Malang; dan Desa Penglipuran, Bali. Topik pengmas yang disampaikan berupa keberlanjutan pariwisata, pemasaran, dan kepariwisataan, yaitu “Sosialisasi Masa Daur Ulang Sampah”; “Pembuatan Eco-Enzyme”; “Peduli Lingkungan: Demo Pembersihan Sampah dan Pengadaan Tempat Sampah”; dan “Pelatihan Packaging Minuman Cem-cem di Desa Penglipuran, Bali”.

Sementara itu, bidang pemasaran mencakup optimasi Search Engine Optimization (SEO) di Desa Wisata Pentingsari; pembuatan konten media sosial & website dan bidang kepariwisataan berupa sosialisasi K3 di industri akomodasi perhotelan di Fave Hotel Malang, serta sosialisasi K3 risiko bencana, sosialisasi sapta pesona di Desa Wisata Penglipuran, Bali. Sejumlah dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah Anisatul Auliya, S.ST., Par., M.Par.; Dr. Poeti Nazura Gulfira Akbar, S.T., M.Sc.; Dr. dr. Ayleen Alicia Kosasih, M.Biomed.; Mahadewi, S.Sos., M.M., Diani Mustika Prianti, M.M.; Mochamad Fajar Akbar, S.ST.Par., M.Si.Par.; Sri Suryani, M.M.; Febrian, M.Si.; dan Muhammad Hidayat Sahid, A.Md.OT., S.K.M., M.Epid.

Anisatul Auliya yang juga sebagai Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata mengatakan, kegiatan JBO merupakan kolaborasi tujuh mata kuliah sebagai implementasi pembelajaran di kelas, yaitu Pemanduan Wisata, Praktik Operasi Perjalanan Wisata, Pengelolaan Event, Manajemen Promosi dan Pemasaran, Digitalisasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Manajemen Resiko, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. “Selama kegiatan, mahasiswa belajar berperan sebagai pemandu wisata, tour leader, travel writer, serta narasumber pada saat kegiatan pengmas dan mengemas acara gala dinner sebagai penutup pada rangkaian kegiatan JBO 2024,” kata Auliya.

Salah seorang mahasiswa UITM Shah Alam, Muhammad Haziq Bin Muhammad Razelan mengatakan bahwa dirinya mendapatkan pengalaman baru mengikuti kegiatan JBO 2024. Menurutnya, program summer course yang diikutinya memberikan wawasan terkait kekayaan nuansa pariwisata di Indonesia. “Kegiatan belajar di Vokasi UI ternyata sangat mengesankan. Implementasi pembelajaran melalui praktik secara langsung melatih diri kami untuk terus berani berekspresi dan siap terjun ke industri nantinya,” ujar Haziq.