Selasa, 25 Juni 2024
Perguruan Tinggi

UI dan University of Dar Es Salaam Kembangkan Sumber Daya Energi dan Mineral Berkelanjutan

UI dan University of Dar Es Salaam Kembangkan Sumber Daya Energi dan Mineral Berkelanjutan

Depok, 10 Juni 2024. Universitas Indonesia (UI) menyambut baik kedatangan delegasi Kedutaan Besar Tanzania, pada Selasa (4/6), di Ruang Rapat A, Gedung Pusat Administrasi UI. Kunjungan tersebut bertujuan untuk membuka peluang kolaborasi yang terjalin antara UI dan University of Dar Es Salaam—universitas negeri tertua dan terkemuka di Tanzania. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kedua universitas, sekaligus bagi perkembangan ilmu pengetahuan di tingkat global.

Pada kemitraan ini, UI dan University of Dar Es Salaam akan mengembangkan berbagai proyek bersama dalam bentuk pertukaran pelajar dan kegiatan riset-inovasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Ambassador of the United Republic of Tanzania, Macocha Moshe Tembele, menawarkan kolaborasi, khususnya pengembangan inovasi dan riset bersama di bidang sumber daya energi dan mineral demi tercapainya industrialisasi lokal.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D, merespons positif kerja sama yang ditawarkan pihak Kedutaan Besar Tanzania. Ia menilai kolaborasi tersebut sejalan dengan misi yang dijalankan oleh UI. Saat ini, UI tengah berkonsentrasi pada upaya pelestarian lingkungan melalui program edukasi dan pengabdian, serta penciptaan inovasi untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Karena itu, riset di bidang sumber daya energi dan mineral dinilai penting, terutama dalam pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.

“Penelitian di sektor energi dan mineral penting dilakukan dalam upaya pengelolaan sumber daya energi berkelanjutan. Kolaborasi ini dapat dilakukan karena UI memiliki Program Studi Teknik Metalurgi yang berfokus pada kemampuan menentukan dan merekayasa, serta memproses dan mengendalikan sifat-sifat material logam maupun non-logam. UI juga memiliki Program Studi Geologi yang mengkaji permasalahan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan serta kebencanaan kebumian dengan menerapkan teknologi sesuai etika profesi di tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Dengan adanya kolaborasi tersebut, UI turut memperluas kerja sama yang terjalin dengan beberapa universitas di Tanzania. Sebelumnya, Dosen dari Ardhi University, Dr. Lukuba N. Sweya, pernah mengikuti “The 16th APRU Multi-Hazards Symposium” yang diadakan oleh Unit Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI. Dua mahasiswa dari Ministry of Finance and Planning juga mengikuti short course “FEB UI–University of Oxford Summer Programme: Multidimensional Poverty Measurement and Analysis”.

Tahun 2021, empat mahasiswa yang masing-masing berasal dari University of Dar Es Salaam, The University of Dodoma, Mzumbe University, dan The Saint Agustine University of Tanzania, mengikuti program pendidikan di UI melalui program BIPA/LBI/FIB, dan 1 mahasiswa melalui program Kemitraan Negara Berkembang (KNB) di FKM UI.

Tak hanya itu, tiga mahasiswa University of Dar Es Salaam menerima beasiswa UI GREAT untuk Degree Program di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI. Program UI GREAT merupakan beasiswa bagi mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan di kampus UI, khususnya degree program (program bergelar). Hingga tahun 2024, tercatat ada 14 mahasiswa dari Tanzania yang mengikuti program tersebut.

Dengan adanya perluasan kolaborasi ini, UI berharap dapat memperkuat hubungan akademis dan penelitian antara kedua institusi guna mendorong kemajuan ilmu pengetahuan yang berdampak bagi masyarakat global. Turut hadir perwakilan dari UI dan Kedutaan Besar Tanzania, yakni Kepala Kantor Urusan Internasional UI, drg. Baiduri Widanarko, M.KKK, Ph.D; Ambassador of the United Republic of Tanzania, Macocha Moshe Tembele; dan Assistant to the Ambassador, Chitta Santoso.