Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Tim Dosen dan Mahasiswa Unimed Berikan Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Android

Tim Dosen dan Mahasiswa Unimed Berikan Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Android

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Android bagi Guru Yayasan Al-Hira Permata Nadiah di Jl. Perjuangan No. 61, Tegalsari Mandala I Kota Medan Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan pada 3-7 Juni 2024 dan diikuti oleh 15 orang guru. Kegiatan ini merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan pengabdian kemitraan masyarakat ini didanai oleh LPPM Tahun 2024. Tim pelaksana diketuai diketuai oleh Drs. Jasmidi, M.Si. dan para anggota Prof. Dr. Tita Juwitaningsih, M.Si., Dr. Ajat Sudrajat, M.Si., Muhammad Isa Siregar, S.Si., M.Pd., Muhammad Nizam, S.Si., dan mahasiswa jurusan Kimia. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari.

Pada hari pertama (03-06-2024) adapun agenda kegiatannya yaitu sosialisasi PKM Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Android bagi Guru Yayasan Al-Hira Permata Nadiah, dengan rincian kegiatan dimulai dari sambutan oleh ketua pelaksana yaitu Drs. Jasmidi, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan “Harapannya semoga dengan adanya PKM ini para guru dapat menggunakan media berbasis android dengan lebih baik kedepannya”. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah Yayasan Al-Hira Permata Nadiah oleh Ibu Hj. Syarifah Pasaribu, MA., dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada Tim PKM yang telah bersedia bermitra dengan Yayasan Al-Hira Permata Nadiah dan dapat terus menjalin kerjasama di kemudian hari. Setelah itu penyerahan simbolis modul penggunaan media berbasis android, flashdisk, aplikasi Canva pro oleh Ketua pelaksana yang diberikan kepada Kepala Sekolah. Perwakilan LPPM yaitu Vera Yanti, S.E. menyampaikan “Harapannya agar kegiatan ini berjalan dengan baik sampai akhir, semoga bapak dan ibu guru bertambah pengetahuannya mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis android”. Kegiatan ini mengundang narasumber yang berkompeten berasal dari Jurusan Kimia FMIPA UNIMED yaitu Dr. Ratna Sari Dewi, M.Si. dan Rabiah Afifah Daulay, M.Pd.

Pada hari kedua dilanjutkan kegiatan Workshop penggunaan media pembelajaran berbasis android, pada kegiatan ini melakukan pendampingan kepada guru-guru mengenai penggunaan aplikasi canva oleh Tim PKM terdiri dari pembuatan Power Point, Sertifikat, Poster dan Video. Selanjutnya guru-guru harus membuat produk media yang telah mereka pelajari dan akan ditunjukkan di hari berikutnya. Pada hari ketiga melakukan Coaching Clinic pelatihan dan pendampingan media pembelajaran berbasis android, Tim PKM melihat hasil media pembelajaran yang telah dibuat oleh para guru sekaligus melakukan pendampingan kepada para guru yang belum mahir dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android.(Humas Unimed)