Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Tim PKM LPMM Unimed Berikan Pelatihan “Implementasi Sprayer Otomatis Tipe Sprinkler Berbasis IoT pada Pertanian Holtikultura”.

Tim PKM LPMM Unimed Berikan Pelatihan “Implementasi Sprayer Otomatis Tipe Sprinkler Berbasis IoT pada Pertanian Holtikultura”.

Tim dosen dari Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang bertajuk “Implementasi Sprayer Otomatis Tipe Sprinkler Berbasis IoT pada Pertanian Holtikultura di Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang”. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 15 Juni 2024,bertempat di Jl. Kolam Belakang,Gang Timbang Roso, No. 27.

Tim pengabdian ini dipimpin oleh Dr. Arif Rahman, M.Pd., dengan anggota Drs. Dadang Mulyana, M.Pd., dan Azmi Rizki Lubis, S.Pd., M.T. Turut hadir Bakti Dwi Waluyo, M.T., seorang pakar dalam bidang Mikrokontroler dan IoT, yang memberikan pelatihan kepada para petani terkait implementasi sprayer tipe sprinkler berbasis IoT untuk lahan pertanian.

Dalam kegiatan ini, para petani mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru tentang penggunaan teknologi IoT untuk mengoptimalkan sistem irigasi pertanian mereka. “Teknologi IoT dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada sektor pertanian, khususnya dalam hal pengairan lahan. Sprayer tipe sprinkler berbasis IoT dapat memudahkan petani dalam mengontrol dan mengatur penyiraman secara otomatis sesuai kebutuhan tanaman,” ujar Dr. Arif Rahman. Sementara Bakti Dwi Waluyo, M.T. menjelaskan secara rinci mengenai komponen-komponen yang digunakan dalam sistem sprayer otomatis berbasis IoT, serta cara pengoperasiannya. Para petani antusias mengikuti pelatihan dan berdiskusi mengenai penerapan teknologi ini di lahan mereka. Ester Marisa Fitriyani Sihombing, S.Pd., selaku pendamping dari LPPM Unimed menyampaikan bahwa kegiatan PKM ini merupakan bagian dari upaya Unimed untuk berkontribusi nyata dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya sektor pertanian.

Kegiatan PKM ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan teknologi pertanian di daerah lain, serta mendorong sinergi antara dunia akademis dan praktisi di lapangan untuk memajukan pertanian holtikultura di Indonesia.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan atas dukungan dan pendanaan yang diberikan sehingga kegiatan PKM ini dapat terlaksana dengan baik.(Humas Unimed).