Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

BSDM UAD Adakan Uji Kompetensi Staf Administrasi

BSDM UAD Adakan Uji Kompetensi Staf Administrasi

BSDM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Adakan Uji Kompetensi Staf Administrasi (Dok. BSDM UAD)

Tenaga kependidikan sebagai support system layanan memiliki peran yang sangat strategis. Oleh karena itu, kompetensi para tenaga kependidikan menjadi hal yang sangat penting dalam mewujudkan tata kelola yang baik bagi masing-masing unit kerja. Terpenuhinya sertifikasi kompetensi bagi para tenaga kependidikan khususnya staf administrasi menjadi target bagi Biro Sumber Daya Manusia (BDSM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Demikian yang disampaikan oleh Dr. Hendro Widodo, M.Pd., Kepala Biro Sumber Daya Manusia UAD dalam pembukaan Uji Kompetensi Staf Administrasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 10 Juni 2024 di Ruang Serbaguna, Kampus IV UAD, yang diikuti oleh 40 tenaga kependidikan administrasi. Uji Kompetensi Staf Administrasi ini bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Manajemen Pengelola Lembaga Pelatihan dan Kursus Indonesia (Mapelkindo) Berstandar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Sertifikasi kompetensi bagi tenaga kependidikan menjadi target utama untuk bidang Pendidikan dan Pelatihan BSDM UAD. Saat ini sertifikasi kompetensi/keahlian menjadi penting. Harapannya, semua tenaga kependidikan UAD memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidang masing-masing,” imbuh Hendro.

Ia juga menuturkan bahwa program strategis BSDM di antaranya akan mengadakan uji kompetensi bagi semua tenaga staf administrasi secara bertahap. Semua peserta bisa melakukan uji kompetensi dengan baik dan maksimal sehingga bisa mendapatkan sertifikat “kompeten” sebagai staf administrasi

Senada dengan Kepala BSDM, perwakilan dari LSP Mapelkindo, Amir Syarifudin, menyampaikan rasa terima kasih kepada BSDM UAD karena telah mempercayakan uji kompetensi staf administrasi kepada LSP Mapelkindo. Harapannya kerja sama antara UAD dengan LSP Mapelkindo akan terus berlanjut.

Setelah uji kompetensi, peserta diminta memberikan kesan dan pesan. Beberapa peserta menyampaikan, “Lega sekali sudah melaksanakan uji kompetensi!” Ada pula yang bersyukur karena tidak sesulit yang dibayangkan. “Terima kasih BSDM atas bimbingan, bantuan, dan penyelenggaraan uji kompetensi ini,” ucap peserta. (doc)

uad.ac.id