Selasa, 02 Juli 2024
Sekolah Menengah Atas

PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PURI LAKSANAKAN KEGIATAN P5 DENGAN TEMA KEWIRAUSAHAAN

PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PURI LAKSANAKAN KEGIATAN P5 DENGAN TEMA KEWIRAUSAHAAN

Selama 3 minggu lamanya, peserta didik kelas X melaksanakan kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tema yang dibawakan kali ini adalah Kewirausahaan. Peserta didik diasah agar dapat mengenal setidaknya dasar dalam berwirausaha.

Rangkaian kegiatan terlaksana secara berurutan, mulai dari sosialisasi hingga penjual produk. Tidak hanya belajar membuat makanan, siswa juga diajarkan pengelolaan bisnis. Mulai dari merencanakan biaya hingga teknik pejualan dan pemasaran. Sampai pada seluruh kelas menunjukkan hasil kerja keras mereka pada bazar makanan yang dilaksanakan di Castle Arena.

Proses hingga proses dilewati dengan bahagia, peserta didik rajin berlatih untuk menampilkan yang terbaik. Ketika nanti pada saat pagelaran berlangsung. 

Hari dimana pagelaran dilaksanakan, peserta didik mempromosikan produk yang telah dibuat. Berjejer stand-stand antar kelas dengan ciri khas masing-masing, ada yang menjual makanan ala jepang, ada yang menjual makanan ala korea dan masih banyak lagi.

Ibu Herni Sudar Peristiwanti, selaku Kepala SMA Negeri 1 Puri, sangat mengapresiasi kerja keras serta kekompakan yang ditunjukkan oleh peserta didiknya. Tak lupa, beliau memberikan penghargaan kepada 12 kelas yang melaksanakan P5 tersebut. Harapannya, penghargaan yang diberikan dapat memotivasi peserta didik untuk lebih antusias dalam pembelajaran.