Minggu, 30 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Sosialisasi Beasiswa LPDP, Prof. Candra : Jangan Lewatkan Kesempatan Ini !

Sosialisasi Beasiswa LPDP, Prof. Candra : Jangan Lewatkan Kesempatan Ini !

LEMBAGA Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia menggelar seminar sosialisasi Beasiswa LPDP Tahap II Tahun 2024 di Universitas Bengkulu, Rabu (26/6/2024).

Wakil Rektor III Prof. Candra Irawan ketika membuka acara seminar Beasiswa LPDP di Unib.(foto:hms1)

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Layanan Terpadu (GLT) Unib ini diikuti ratusan mahasiswa, alumni, dosen hingga pejabat tingkat fakultas baik dari Universitas Bengkulu sendiri maupun dari universitas mitra Unib se Provinsi Bengkulu. Kemudian hadir juga praktisi pers dan karyawan instansi pemerintah dan swasta.

Rektor Unib Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum menyambut baik dan sangat mengapresiasi diselenggarakannya seminar sosialisasi ini.

“Melalui seminar ini, baik dosen maupun mahasiswa serta masyarakat yang berkeinginan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studinya, dapat lebih jelas dan gamlang mengetahui informasi terkait pendaftaran dan persyaratan untuk mendapatkan beasiswa LPDP Tahap II ini. Sebab yang menjadi narasumber di seminar ini adalah team dari LPDP yang berkaitan langsung dengan perekrutan,” ujar Prof. Candra saat membuka acara.

Team LPDP melakukan sosialisasi dan disambut antusias oleh peserta seminar.(foto:hms1)

Mengingat penerima manfaat dari Unib dan dari Provinsi Bengkulu selama ini masih sangat sedikit, tambah Prof. Candra, maka melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan ke depan jumlah partisipasi dari Provinsi Bengkulu dapat meningkat. Diharapkan mahasiswa, alumni dan para dosen Unib agar tidak melewatkan kesempatan ini.

“Khususnya dari Unib, karena sosialisasi ini diselenggarakan di Unib, maka diharapkan pendaftar dari Unib akan semakin banyak. Jangan ragu-ragu dan jangan lewatkan kesempatan yang ada. Segeralah daftar dan semoga dengan banyak yang mendaftar banyak juga mahasiswa dan dosen kita yang lulus serta berhasil mendapat beasiswa LPDP,” papar Prof. Candra Irawan.

Setelah acara dibuka, Team LPDP langsung menggelar sosialisasi dengan dipandu oleh Prof. Dr. Agustin Zarkani, S.Si, M.Sc selaku moderator. Narasumber yang melakukan pemaparan adalah Kepala Divisi Rekrutmen dan Seleksi Beasiswa LPDP, Andar Ramona Sinaga dan Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP M. Lukmanul Hakim.

Suasana seminar dipadati ratusan mahasiswa dan dosen serta peminat beasiswa LPDP.(foto:hms1)

Dalam paparannya, Andar Ramona Sinaga menjelaskan tentang LPDP yang merupakan Lembaga Badan Layanan Umum di bawah Kementerian Keuangan yang dipercaya mengelola dana pendidikan untuk meningkatkan sumberdaya manusia masyarakat Indonesia.

Beasiswa LPDP diberikan pemerintah kepada masyarakat untuk melanjutkan studi magister (S2) atau doktoral (S3) di kampus dalam maupun luar negeri. Pendaftar dari Provinsi Bengkulu selama ini memang masih sedikit yaitu 161 orang dan yang lulus seleksi hanyak 35 orang.

“Karena selama ini pendaftar dari Bengkulu masih sangat sedikit, maka kita menggelar seminar sosialisasi ini dengan harapan jumlah pendaftar Beasiswa LPDP Tahap II dari Provinsi Bengkulu semakin meningkat,” ujarnya.

Andar Ramona Sinaga beserta team pada seminar ini juga menjelaskan secara detail tentang tata cara pendaftaran dan bahkan memberikan kiat-kiat agar lulus seleksi, termasuk apa saja yang harus dilakukan ketika sudah menjadi peserta penerima beasiswa LPDP. Kemudian di akhir acara, juga dilakukan simulasi pendaftaran beasiswa LPDP agar peserta lebih memahami dan tidak ragu-ragu mendaftar seleksi beasiswa LPDP.

Sama seperti dengan pendaftaran tahap pertama, setidaknya ada tiga kategori beasiswa yang dibuka LPDP Tahap II. Ketiganya yakni beasiswa umum, beasiswa afirmatif, dan beasiswa yang ditargetkan. Ketiga kategori beasiswa ini dijelaskan secara rinci oleh Andar Ramona Sinaga beserta team dan peserta seminar diberikan kesempatan bertanya dan berdiskusi jika merasa ada hal yang belum jelas.

Pendaftaran beasiswa LPDP dilakukan secara daring melalui website pendaftaran pada tautan https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ dan semua dokumen persnyaratan dapat dilihat, dilengkapi dan diunggah pada aplikasi pendaftaran tersebut.

Foto bersama Team Sosialisasi LPDP dengan pimpinan Unib dan peserta seminar sosialisasi.(foto:hms1)

Bagi yang berminat jangan lupa dengan jadwal pendaftaran, yaitu Pendaftaran LPDP Tahap II telah dibuka sejak 19 Juni 2024, Seleksi Administrasi tanggal 22 Juli 2024, Pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 9 Agustus 2024, Masa sanggah hasil seleksi administrasi tanggal 10 Agustus 2024, Pemrosesan sanggah hasil seleksi administrasi tanggal 12 Agustus 2024, dan Pengumuman hasil sanggah seleksi administrasi tanggal 21 Agustus 2024.

Selanjutnya, seleksi bakat skolastik tanggal 27 Agustus 2024, Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik tanggal 5 September 2024, Seleksi substansi tanggal 10 September 2024 dan Pengumuman hasil seleksi substansi tanggal 7 November 2024.

Acara seminar ini disiarkan secara live streaming pada YouTube akun Unib Tv, berlangsung sukses dan disambut antusias oleh seluruh peserta.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Biro PPK Unib dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah berpartisipasi mensukseskan acara ini,” ujar Andar Ramona Sinaga.[Purna Herawan/Humas].