Sabtu, 29 Juni 2024
Pondok Pesantren

Lahirkan Pembina Pramuka Aktif & Dinamis dengan Kursus Mahir Tingkat Dasar

Lahirkan Pembina Pramuka Aktif & Dinamis dengan Kursus Mahir Tingkat Dasar

KEDIRI – Sudah menjadi agenda tahunan di PMDG untuk mengadakan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi seluruh siswa kelas 5. Bukan tanpa alasan kegiatan ini menjadi agenda tahunan, pasalnya kelas 5 dituntut untuk menjadi pendidik bagi santri kelas 1-4 dalam berbagai bidang, salah satunya dalam ekstrakulikuler wajib bagi seluruh santri yaitu Kegiatan Pramuka.

Jumlah peserta KMD pada tahun ini adalah 358 calon pembina, yang kemudian dibagi menjadi 9 cluster dengan rincian; 5 Cluster Pembina Pramuka Penggalang & 4 Cluster Pembina Pramuka Penegak. Masing-masing peserta akan tinggal di tenda-tenda yang ada di bumi perkemahan dan melakukan kegiatan sehari-hari dengan memanfaatkan keterampilan dalam hal-hal mendasar seperti menyalakan api, memasak nasi, bahkan membuat masakan yang lezat dengan bahan dan alat yang terbatas.

Pelatih menyampaikan materi kepada peserta KMD.

Selama 6 hari seluruh peserta yang telah ditentukan dan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh para pelatih yang diutus Pengurus Kwartir Cabang Kabupaten Kediri. Kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya berbentuk penyampaian materi oleh pelatih, tapi juga kegiatan pengembaraan dan praktek berbagai keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang pramuka.

Sebagai penutup kegiatan ini, seluruh peserta mengadakan acara unggun gembira yang menampilkan berbagai macam atraksi dan tarian seperti; Penampilan Marching Band Gita Cakra Nada Ma’rifat dan berbagai tarian daerah bahkan tarian dari negeri thailand. Setelah penampilan, semua peserta melakukan renungan malam dengan bersama-sama meresapi perkataan yang disampaikan oleh pelatih dan menjadikannya sebagai renungan untuk dirinya sehingga menjadi insan yang lebih baik.

Kegiatan outbond peserta KMD.

Semoga dengan mengikuti Kursus Mahir Tingkat Dasar kali ini semua peserta, panitia dan pelatih mendapatkan ilmu yang bermaanfaat dan dapat diamalkan pada kehidupan selanjutnya. Tak lupa para peserta dapat menjadi seorang pembina dan pendidik yang baik dan aktif di asrama, konsulat, dan ekstrakulikuler lainnya terutama dalam Kegiatan Kepramukaan.

(Berita: ; Foto: ; Reviewer: Riza Ashari).

Related Articles:

Penutupan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) Perdana Gontor Putri Kampus 2

Asah Jiwa Kepemimpinan Melalui Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD)

Asah Jiwa Kepramukaan Lewat Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML)