Jumat, 05 Juli 2024
Perguruan Tinggi

UNJ Jalani Proses Akreditasi FIBAA Cluster 4 dan 5

UNJ Jalani Proses Akreditasi FIBAA Cluster 4 dan 5

Humas UNJ, Jakarta – Pada Selasa, 2 Juli 2024 bertempat di Gedung Syafe’i Lantai 8 Kampus A Universitas Negeri Jakarta (UNJ) serta melalui aplikasi Zoom Meeting, berlangsung kegiatan proses Akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) Cluster 4 dan 5. Kunjungan pada Cluster 4 dan 5 terdiri dari:

  1. Psikologi dari Fakultas Pendidikan Psikologi
  2. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dari Fakultas Teknik
  3. Pendidikan Masyarakat dari Fakultas Ilmu Pendidikan
  4. Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Prancis, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Sastra serta Pendidikan Bahasa Arab dari Fakultas Bahasa dan Seni.

Perwakilan dari UNJ yang hadir secara luring antara lain Ketua Senat UNJ, para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, para Dekan, para Wakil Dekan dari FIP, FBS, FT dan FPsi, para Kepala Unit, Koorprodi FIP, FBS, FMIPA, FT, FPPsi, para Tim Pengembang Wakil Rektor serta Tim Task Force FIBAA. Sementara yang hadir dari FIBAA Assesors secara luring yaitu Maya Kohler, Prof. Stefan Pollmann, Endang R. Surjaningrum, Ph.D, Hanna Jaha, Prof. Dr. Fritz Schulze, Arifin Achmad Zainal, dan Leon Grausam. Sedangkan yang hadir secara daring yaitu Andrea Lohmann, Ulrich Hoinkes, Roman Grinblat, Daniela Ulber, Sebastian Maisel, Edwin Wieringa, dan Matthias Jung.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Ifan Iskandar berkesempatan memberikan paparan singkat terkait UNJ yang membahas mengenai visi, misi, motto, strategi untuk mencapai visi, rencana pembangunan UNJ jangka Panjang, pencapaian UNJ sampai terakreditasi Unggul, publikasi internasional, berbagai penghargaan hingga infrastrukrur.

Setelah paparan Wakil Rektor 1, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para assesors FIBAA. Secara umum, para assesors memberikan pertanyaan seputar strategi yang akan dilakukan UNJ untuk mencapai Universitas Pedagogi terkemuka sekaligus bereputasi di Kawasan Asia, peran mahasiswa dan para dosen dalam membuat keputusan dalam level universitas, representatif senat, persiapan tantangan dalam penggunaan AI khususnya mengenai guru, visi misi UNJ, apa yang membuat UNJ unggul dari universitas lain,upaya menarik mahasiswa internasional.

Sementara itu, perwakilan UNJ menjawab bahwa yang membuat UNJ unggul dari Universitas lain karena UNJ memiliki fokus terhadap Pendidikan dan teachers training. UNJ juga dikenal sebagai universitas yang memiliki banyak penghargaan dan pencapaian di bidang olahraga dan banyak juga pencapaian di bidang seni.

Adapun mengenai profil kinerja UNJ pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, bisa dilihat pad profil di indeks Scopus. Publikasi UNJ sejak tahun 2017 meningkat cukup signifikan. Pada tahun 2017, UNJ mempunyai sekitar 200 publikasi terindeks Scopus. Sedangkan pada tahun 2019 hingga saat ini UNJ masih mempertahankan kinerja baiknya yang mencapai 600 publikasi di tingkat internasional. Ini menandakan tingkat publikasi, penelitian yang cukup signifikan, juga penerbitan publikasi di tingkat internasional masih tetap pada tingkat yang baik. UNJ juga berprestasi dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dicatatkan oleh SINTA.

Untuk menarik mahasiswa internasional, UNJ menerima mahasiswa asing dari program Kemitraan Negara Berkembang serta UNJ melakukan student mobility ke Malaysia.