Best Practise
BEST PRACTISE MENINGKATKAN MOTIVASI DAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SEDERHANA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 JATINOM KABUPATEN KLATEN A. PENDAHULUAN Minat peserta didik untuk masuk sekolah berbasis kejuruan (SMK) cukup tinggi, namun pada kenyataannya masih terdengar keluhan sebagian besar peserta didik bahwa “Kimia itu sulit”. Meski dalam Kurikulum Merdeka ini, mata pelajaran (mapel) Kimia dilebur menjadi mapel IPAS. Dalam pembelajaran kimia, peserta didik kurang semangat dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, lebih senang mengobrol dengan temannya atau asyik dengan kegiatannya sendiri daripada memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru. Dengan kondisi seperti ini perlu upaya untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi peserta didik. Artinya perlu ada pembenahan kelas yang tidak kondusif, salah satu caranya dengan menerapkan beberapa metode yang ditawarkan melalui pendekatan saintifik. Sejalan dengan tuntutan pemerintah melalui pemberlakuan Kurikulum Merdeka, di mana guru diminta untuk mengelola kelas dengan pendekatan yang merdeka pula, maka penelitian ini memfokuskan pada penemuan praktik-praktik terbaik berdasarkan pengalaman merdeka mengajar dan merdeka belajar sebagai upaya meningkatkan keaktifan belajar kimia dalam bingkai IPAS peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Jatinom. Praktik Baik Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan […]