Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Semarak Ramadhan HMPS PAI: Wujudkan Kepedulian Sosial

Semarak Ramadhan HMPS PAI: Wujudkan Kepedulian Sosial

(iainfmpapua.ac.id) – Di Bulan Ramadhan, para mahasiswa hendaknya semakin giat dalam mewujudkan kepedulian sosial di berbagai tempat. Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua A. Ubaidillah, M.Pd mengatakan hal ini dalam Semarak Ramadhan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PAI yang berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) di Masjid Pondok Pesantren Yaa Bunayya, Yoka, Jayapura, 2 April 2024.

Menurutnya, salah satu hal utama dalam pelaksanaan acara Buka Puasa Bersama adalah munculnya rasa empati kepada sesama. “Ini juga bentuk kepedulian sosial kita kepada sesama pelajar di Ponpes, dan tidak kalah penting adalah menjalin kedekatan dan silaturahmi dengan masyarakat,” ucapnya. Di sisi lain, kegiatan yang digelar para mahasiswa diharapkan dapat lebih mengenalkan Prodi PAI kepada warga.

Dosen pada Pusat Pengabdian Masyarakat Hermansyah, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari penerapan tridarma perguruan tinggi. “Program ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada para santri di Ponpes Yaa Bunayya,” ungkapnya. Ia menjelaskan, para santri diberikan pemahaman keagamaan yang bersifat moderat. “Para santri harus terus menciptakan suasana yang harmonis antar sesama manusia dan lebih umum menjaga keutuhan bangsa dan negara,” tuturnya. Hermansyah menginginkan agar LPPM, HMPS PAI dan Ponpes Yaa Bunayya dapat terus bersinergi melakukan kegiatan penguatan nilai-nilai moderasi beragama kepada para santriwan dan santriwati di masa depan. Ketua HMPS PAI Musleh Apripa dalam laporannya menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan lebih mempererat silaturahmi antar dosen dan mahasiswa PAI dengan pihak pondok dan santri. “Untuk memberikan wawasan, hal-hal apa yang baiknya dilakukan santri jika menemukan masalah yang menyangkut antar golongan,” jelasnya. Ia berharap para santri Pondok Pesantren Yaa Bunayya dapat menjadi penerus para mahasiswa untuk berkuliah di IAIN Fattahul Muluk Papua khususnya Prodi PAI. Kegiatan menghadirkan mahasiswa prodi PAI semester 6 Muhammad Ali Ramadhan sebagai penceramah. Semarak Ramadhan dengan tema ‘Penerapan Nilai-Nilai Moderasi beragama’ ini dihadiri para dosen dan mahasiswa Prodi PAI IAIN Fattahul Muluk Papua serta para santri Pondok Pesantren Yaa Bunayya. (Za/Is/Her/)