Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Warga Kampus IAIN Papua Ikuti Buka Puasa Bersama

Warga Kampus IAIN Papua Ikuti Buka Puasa Bersama

(iainfmpapua.ac.id) – Warga kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengikuti kegiatan ‘Buka Puasa Bersama’ yang digelar di masjid kampus Al Hamid, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 2 April 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Keuangan Dr. Basman, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat partisipasi semua kalangan. “Kami menyampaikan terimakasih atas kepedulian semua pihak, yang sudah memberikan iuran sumbangan dari para ASN dan juga bantuan tenaga dari adik-adik mahasiswa semua untuk acara ini,” tuturnya. Ia menyampaikan bahwa sedekah yang diberikan ini sejalan dengan tuntunan agama Islam. “Dalam Al Quran Surat Al Insan ayat 8 dan 9 dijelaskan bahwa kita memang dianjurkan untuk bersedekah, menafkahkan sebagian harta kita, dan memberi makan kepada sesama,” urainya.

Dalam sesi tausiyah, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd menyampaikan pesan kepada para jamaah untuk memanfaatkan Bulan Ramadhan dengan menggapai ampunan dari Allah SWT. “Bersegeralah menggapai ampunan di bulan suci ini, kerjakan ibadah puasa dengan maksimal, sebisanya pada tingkatan yang paling tinggi,” jelasnya.

Menurutnya, ibadah puasa kita sudah harus ditingkatkan dari sekedar menahan lapar dan haus di siang hari. “Kalau cuma menahan tidak makan dan minum, itu seperti kita menempuh pendidikan di tingkat TK,” ucapnya memberi analogi. Rektor meminta para mahasiswa meningkatkan kualitas ibadah puasa dengan menahan pandangan mata, menjaga pendengaran, menjaga lisan dari ucapan yang buruk, dan menjaga tangan kaki agar tidak mengerjakan perbuatan yang tercela.

“Paling bagus lagi tentunya jika kita mampu menjaga pikiran kita agar senantiasa digunakan untuk berpikir pada hal-hal yang diridhai Allah SWT,” paparnya. Buka Puasa Bersama ini diikuti para ASN beserta keluarganya serta para mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. (*)