Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Registrasi akun LTMPT peserta didik untuk pendaftaran SNMPTN 2022

Bagi peserta didik kelas XII tahun pelajaran 2021/2022 yang hendak melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi tahun 2022, pendaftaran masuk Perguruan Tinggi dapat dilakukan melalui beberapa jalur seleksi, yakni: jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur Mandiri.

Berbeda dengan jalur Mandiri yang proses pendaftaran dan mekanismenya ditentukan masing-masing Perguruan Tinggi. Bagi peserta didik yang hendak mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, proses pendaftarannya harus melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Peserta didik harus melakukan registrasi akun di LTMPT sebagai syarat awal dari seluruh mekanisme pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi. Registrasi akun LTMPT bagi peserta didik dapat dilakukan mulai hari ini, Senin 10 Januari 2022 pukul 15.00 WIB, melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id/.

Sangat diharapkan bagi peserta didik yang hendak mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk segera mungkin melakukan Registrasi akun LTMPT. Sehingga proses selanjutnya dapat dilakukan oleh pihak sekolah, yakni pengisian PDSS dan penentuan siswa Eligible yang berakhir paling lambat pada 08 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.  Bagi peserta didik yang melakukan registrasi akun LTMPT setelah sekolah menetapkan siswa eligible, maka peserta didik tersebut tidak lagi bisa diakomodir dalam pendaftaran SNMPTN. Mengingat proses pengisian PDSS dan penentuan siswa eligible membutuhkan waktu, sehingga dari sekolah memberikan batas waktu registrasi akun LTMPT sampai dengan tanggal 04 Februari 2022.

Berikut langkah Registrasi akun LTMPT bagi peserta didik:

  1. Buka situs https://portal.ltmpt.ac.id/
  2. Pilih menu “Daftar”
  3. Pilih Menu “Daftar” untuk Siswa
  4. Masukkan Identitas Siswa, seperti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), NPSN, dan Tanggal Lahir
  5. Masukkan email dan password (pastikan email milik pribadi dan aktif, yang digunakan untuk keperluan aktivasi akun dan administrasi lainnya)
  6. Tekan tombol “Daftar” dan akan muncul notifikasi untuk aktivasi akun
  7. Buka kotak masuk pada email yang dimasukkan sebelumnya. Kemudian aktivasi akun LTMPT (Aktivasi akun harus dilakukan).
  8. Registrasi dan aktivasi akun sudah selesai.

Perlu dipahami bahwa, langkah diatas hanya sebatas registrasi akun di LTMPT sebagai syarat awal untuk bisa mendaftarkan diri pada SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan pendaftaran SNMPTN dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan yakni 14 – 28 Februari 2022.