Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

PPKI UMSU Gelar Workshop Paten Searching dan Paten Drafting

PPKI UMSU Gelar Workshop Paten Searching dan Paten Drafting

Pusat Pengelolaan Kekayaan Intelektual (PPKI) UMSU menggelar workshop Paten Searching dan Paten Drafting Tata Cara Pendaftaran Kekayaan Intelektual pada Selasa (14/9) di Kampus Utama UMSU.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Juldin Bahriansyah, Kementerian Hukum dan HAM wilayah Sumut Berkat Harefa serta dari Pusat Pengelola Kekayaan Intelektual UMSU.

Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, SH., MHum dalam sambutan mengatakan civitas akademika UMSU telah banyak menghasilkan hak cipta oleh karena itu perlu mendorong produk atau proses yg dapat menghasilkan paten.

Ada lebih kurang 500 proposal penelitian dan pengabdian paling banyak hak cipta yang dihasilkan oleh UMSU, untuk itu perlu mensosialisasikan hak Paten ini, agar inventor kita tidak kehilangan invensinya. “Mari kita manfaatkan hasil penelitian dan pengabdian dengan luaran menghasilkan hak paten” kata Arifin.

Ketua Pusat Pengelola Kekayaan Intelektual UMSU Faisal Riza SH MH mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan ke tiga dari rangkaian kegiatan sebelumnya dalam penguatan pusat Pengelolaan Kekayaan intelektual.

“Selain bertujuan untuk penguatan Pusat Kekayaan Intelektual UMSU, sekaligus juga mendorong percepatan pendaftaran produk hasil penelitian dan pengabdian yg dilakukan dosen ataupun mahasiswa” kata Riza.