Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UMSU Lepas 3.090 Mahasiswa KKN Mandiri

Rektor UMSU Lepas 3.090 Mahasiswa KKN Mandiri

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP melepas 3.090 mahasiswa UMSU untuk mengikuti program kuliah kerja nyata ( KKN) Mandiri Tahun 2021.

Pelepasan mahasiswa KKN secara virtual ditandai dengan menyematan jaket almamater kepada dua mahasiswa perwakilan dari Fakultas Agama Islam dan Fakultas Kedokteran di Kampus Pascasarjana UMSU, Jalan Denai, Medan, Selasa (13/9).

Program KKN Mandiri tahun 2021 akan berlangsung selama sebulan. Berbeda dengan KKN sebelunya, falam program ini, para mahasiswa melakukan aktifitas pendampingan dan pemberdayaan masyarakat di desa atau kelurahan tempat tinggal masing-masing karena pandemi Covid-19 .

Rektor UMSU , Prof. Dr.Agussani MAP menjelaskan, penyelenggaraan KKN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan di daerah khusus . Untuk tahin ini para mahasiswa melakukan KKN mandiri di desa atau kelurahan tempat tinggal masing-masing karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Meski dilakukan secara mandiri, namun tidak mengurangi makna pelaksanaan KKN. Pelaksanaan KKN sendiri dilakukan sebagai upaya untuk melatih soft skill mahasiswa, terutama dalam pengembangan kepribadian (personality development), pengembangan masyarakat (community development), pengembangan kelembagaan (institusional development).

Disamping itu, jelas rektor, sebagai upaya untuk menyiapkan   mahasiswa   menjadi   anggota   masyarakat   yang   memiliki kemampuan akademik , inovatif dan kreatif.

Lebih lanjut, Rektor menjelaskan, KKN juga adalah bagian dari pelaksanaan dakwah kultural persyarikatan Muhammadiyah. Sebagai mahasiswa yang sudah memahami materi Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan, maka peserta KKN juga secara otomatis menjadi pendakwah di tengah masyarakat.

Kepada peserta KKN Rektor berharap agar terus melakukan koordinasi dengan Dosen Pembina Lapangan, mitra KKN seperti aparat Desa/Lurah. Peserta KKN juga adalah duta Kampus di tengah masyarakat. Untuk itu diharapkan menjaga jatidiri dan citra kampus yang sudah baik.

Sementara itu, Ketua Program KKN Elvy Sahnur Nasution ST MPd menjelaskan bahwa program KKN Madiri yang dilepas Rektor tahun ini, menjadi KKN Mandiri yang kedua dilakukan UMSU. UMSU terus melakukan perbaikan program setelah mengevaluasi program KKN tahun 2020 lalu. Jelas Elvy, tahun ini KKN diikuti sebanyak 3.090 mahasiswa dari 8 fakultas di lingkungan UMSU.

Program KKN Mandiri dilakukan oleh mahasiswa di desa/lurah kediaman mereka. Selama pelaksanaan KKN semua mahasiswa peserta KKN didampingi oleh dosen pendamping dengan mengoptimalkan aplikasi simkkn.umsu.ac.id  dan media komunikasi lainnya.

Diharapkan program KKN Mandiri tahun 2021 tidak kalah kualitasnya dibanding dengan program KKN reguler yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya.

Dua mahasiswa yang dilepas secara simbolis dengan menyematan jaket almamater UMSU adalah Aidil Azhar Lubis dari Fakultas Agama Islam dan Cut Aulia Azhar dari Fakultas Kedokteran. Penyematan jaket dilakukan oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin dan Ketua Program KKN UMSU Elvy Sahnur Nasution ST MPd.