Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Doa Ramadhan

Hari Ke-1

Allâhummaj’al shiyâmî fîhi shiyâmas shâimîn wa qiyâmî fîhi qiyâmal qâimîn wa nabbihnî fîhi ‘an nawmatil ghâfilîn wa hablî jurmî fîhi yâ ilâhal ‘âlamîn wa’fu ‘anni ya ‘âfiyan ‘anil mujrimîn

Ya Allah, jadikanlah puasaku ini sebenar-benar puasa dan shalat malamku sebenar-benar shalat malam dan jagalah aku dari tidurnya orang yang lalai dan hapuskanlah segala kejelekanku di bulan ini wahai Tuhan sembahan seluruh alam, maafkan hamba wahai Yang Maha Memaafkan para pendosa.

Hari Ke-2

Allâhumma qarribnî fîhi ilâ mardhâtika wa jannibnî fîhi min sakhatika wa naqimâtika wa waffiqnî fîhi liqirâ-ati âyâtika birahmatika yâ arhamar râhimîn

Ya Allah dekatkanlah daku pada keridhaan-Mu dan jauhkan aku dari sumber kemarahan dan kemurkaan-Mu. Beri aku kekuatan agar bisa menelaah ayat-Mu dengan kemurahan-Mu wahai Yang Maha Murah.

Hari Ke-3

Allâhummarzuqnî fîhidz dzihna wattanbîh wa bâ’idnî fîhi minas safâhati wattamwîh waj’al lî nashîban min kulli khairin tunzilu fîhi bijûdika yâ ajwadal ajwadîn

“Ya Allah, anugerahilah aku kecerdasan dan kepintaran dan jauhkan aku dari kedunguan dan sifat dusta dan jadikan aku selalu bisa menggunakan setiap kebaikan yang kau turunkan di bulan ini dengan kemurahan-Mu wahai yang Maha Murah.”

Hari Ke-4

Allâhumma qawwinî fîhi ‘alâ iqâmati amrika wa adziqnî fîhi halâwata dzikrika wa awzi’nî fîhi li adâi syukrika bikaramika wahfadznî fîhi bihifzika wa satrika ya absharannâdzirin

Ya Allah, berilah aku kekuatan untuk melaksanakan segala perintah-Mu dan anugrahilah aku kenikmatan dalam mengingat-Mu.Sadarkanlah aku di dalamnya untuk mensyukuri nikmat-Mu dengan kemuliaan-Mu dan jagalah aku di dalamnya dengan penjagaan-Mu dan perlindungan-Mu wahai yang Maha Melihat.

Hari Ke-5

Allâhummaj’alnî fîhi minal mustaghfirîn waj’alnî fîhi min ‘ibâdikas shâlihîn al qânitîn waj’alnî fîhi min awliyâ-ikalmuqarrabîn bira’fatika yâ arhamarrâhimîn

Ya Allâh jadikanlah aku di bulan ini termasuk orang-orang yang beristighfar dan jadikan aku termasuk hamba-Mu yang shaleh dan tenang. Jadikan aku di dalamnya termasuk wali-Mu yang dekat dengan-Mu demi kemurahan-Mu wahai Yang Maha Pemurah.

Hari Ke-6

Allâhumma lâ takhdzulnî fîhi lita’arrudhi ma’shiyatika wa lâ tadhribnî bisiyâthi naqimatika wa zahzihnî fîhi min mûjibâti sakhatika bimannika wa ayâdîka yâ muntahâ raghbatirrâghibîn.

Ya Allah, jangan Kau hinakan daku di bulan ini karena laku maksiatku dan jangan kau cambuk dakudengan dendam-Mu. Dan jangan kau lontarkan aku pada hal-hal yang membuta-Mu murka demi kelembutan dan ketinggian rahmat-Mu, wahai pegangan terakhir para perindu.

Hari Ke-7

Allâhumma a’innî fîhi ‘alâ shiyâmihi wa qiyâmihi wa jannibnî fîhi min hafawâtihi wa âtsâmihi warzuqnî fîhi dzikrika bidawâmihi bitaufîqik Yâ hâdiyal mudhillîn.

Ya Allah, bantulah aku untuk berpuasa dan shalat malam serta jauhkan aku dari kesia-siaan dan perbuatan dosa. Anugrahi aku di dalamnya dengan dawamnya ingat pada-Mu dengan taufik-Mu wahai yang menunjuki orang tersesat.

Hari Ke-8

Alâhummarzuqnî fîhi rahmatal aytâm wa it’âmitha’âm wa ifsyâis salâm wa suhbatil kirâm bithawlika yâ malja-al âmilîn.

Ya Allah, anugrahilah kami rasa sayang terhadap anak-anak yatim dan suka memberi makan (orang miskin)Menyebarkan kedamaian dan bergaul dengan orang-orang mulia dengan kemurahanmu wahai sandaran para peminta.

Hari Ke-9

Allahumma-j’al lii fiihi nashiban min rahmatika-l-waasi’ah, wa-hdinii fiihi libaraahiinika-s-saathi’ah, wa khudz binaashiyatii ilaa mardhootika-l-jaami’ah, bimahabbatika yaa Amala-l-musytaaqiin.

Ya Allah, beri aku nasib dari rahmat-Mu yang luas. Tuntun aku dengan petunjuk untuk memahami bukti-buktiMu yang terang benderang. Dengan kecintaan-Mu, giring aku menuju keridhaan-Mu yang menyeluruh, wahai Dambaan orang-orang yang rindu.

Hari Ke-10

Allâhummaj ‘alnî fîhi minal mutawakkilîn ‘alaika waj’alnî fîhi minal fâizîn ladaika waj’alnî fîhi minal muqarrabîn ilaika biiîhsânika yâ ghâyatat thâlibîn

Ya Allah jadikanlah aku di bulan ini sebagai orang yang tawakkal kepada-Mu dan jadikan aku orang yang berbahagia di sisi-Mu. Jadikan aku sebagai orang terdekat-Mu di bulan ini dengan kebaikan-Mu Wahai tujuan para pencari.

Hari Ke-11

Allâhumma habbib ilayya fîhil ihsan wa karrih fîhil fusûq wal ‘isyân wa harrim ‘alayya fîhis sakhatha wannîrân bi’aunika yâ ghiyâtsal mustaghîtsîn.

Ya Allah jadikanlah ihsan (berbuat baik) lebih kusukai di bulan ini, dan jadikan kefasikan dan kemaksiatan hal yang kubenci dan haramkan diriku dari kebencian dan api neraka dengan pertolo-ngan-Mu. Wahai penolong orang yang mencari pertolongan.

Hari Ke-12

Allâhumma zayyinî fîhi bissitri wal ‘afâf wasturnî fîhi bilibâsil qunû’i wal kafâf wahmilnî fîhi ‘alal ‘adli wal inshâf wa âminnî fîhi min kulli mâ akhâfu bi’ismatika ya ‘ismatal khâifîn.

Ya Allah hiasilah aku di bulan ini dengan tertutup dari aib dan kehormatan. Tutupilah aku dengan baju qanaa-ah dan kecukupan. Posisikan daku pada keadilan dan kesadaran. Selamatkan aku dari segala sesuatu yang kutakuti dengan penjagaan-Mu wahai penjaga orang-orang ketakutan.

Hari Ke-13

llâhumma thahhirnî fîhi minaddanasi wal aqdzâr wa sabbirnî fîhi ‘ala kâinâtil aqdâri wawaffiqnî fîhi littuqâ wa suhbatil abrâr bi’aunika yâ qurrata ‘ainil masâkîn.

Ya Allah sucikanlah aku dari segala jenis kotoran dan sabarkanlah aku di bulan ini akan segala sesuatu yang ada akhirnya serta beri aku keberhasilan untuk semakin bertak-wa dan bergaul dengan orang-orang baik dengan pertolongan-Mu wahai buah mata orang-orang miskin.

Hari Ke-14

Alâhumma lâ tuâkhidznî fîhi bil ‘atsarâti wa aqilnî fîhi minal khathâyâ wal hafawâti wa lâ taj’alnî fîhi gharadhan lilbalâyâ wal âfât bi’izzatika yâ ‘izzal muslimîn.

Ya Allah, jangan Kau hisab aku dengan segala kejelekanku, dan hapuskanlah kesalahan-kesalahanku dan kekuranganku. Jangan Kau jadikan aku di bulan ini sebagai tujuan dari bala dan cobaan-Mu, demi keagungan-Mu Wahai sandaran keagungan kaum muslim.

Hari Ke-15

Allâhummar zuqnî fîhi thâ’atal khâsyi’în wasyrah fîhi shadrî bi inâbatil mukhbitîn biamânika yâ amânal khâ ifîn.

Ya Allah anugrahilah aku di bulan ini dengan ketaatan orang-orang yang khusyu serta lapangkanlah dadaku dan dengan taubat orang-orang yang rendah diri, dengan kekuatan-Mu wahai tempat teraman bagi orang-orang yang ketakutan.

Hari Ke-16

Allâhumma waffiqnî fîhi limuwâfaqatil abrâr wa jannibnî fîhi murafaqatal asyrâr wa âwinî fîhi birahmatika ilâ dâril qarâri bîlâhiyyatika yâ ilâhal ‘âlamîn.

Ya Allah, anugrahilah aku supaya bisa bergaul dengan orang-orang baik di bulan ini dan jauhkanlah aku dari bergauldengan orang-orang jahat. Berilah aku perlindungan di bulan ini sampai ke tempat yang tenang demi keesaan-Mu wahai Tuhan semesta Alam.

Hari Ke-17

Allâhummah dinî fîhi lishâlihil a’mâli waqdhi lî fîhil hawâija wal âmâla yâ man lâ yahtâju ilat tafsîr was suâli yâ ‘âliman bimâ fî shudûril ‘âlamîn shalli ‘alâ muhammadin wa âlihith thâhirîn.

Ya Allah anugrahilah aku untuk bisa berperilaku yang baik dan kabulkanlah semua hajat dan keinginanku wahai yang tidak memerlukan penjelasan dan pertanyaan wahai yang Maha mengetahui apa yang ada di dalam alam ini. Anugrahilah shalawat dan salam bagi Muhammad dan keluarganya yang suci.

Hari Ke-18

Allâhumma nabbihnî fîhi libarakâti ashârihi wa nawwir fîhi qalbî bidhiyâianwârihi wa khudz bikulli a’dhâî ilat tibâ’I âtsârihi binûrika yâ munawwiral qulûbi.

Ya Allah sadarkanlah aku untuk mengetahui berkat yang ada pada waktu sahur dan terangilah aku dengan cahaya-Mu yang lembut. Jadikanlah seluruh anggota badanku bisa mengikuti cahaya itu wahai Penerang hati sanubari.

Hari Ke-19

Allâhumma waffir hadzdzî min barakâtihi wa sahhil sabîlî ilâ khayrâtihi walâ  tahrimnî qabûla hasanâtihi yâ hâdiyan ilal haqqil mubîna.

Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini lebih bisa menikmati berkat-berkat-Mu dan permudah jalan untuk mendapat kebaikannya Jangan Kau haramkan aku untuk menerima kebaikan-kebaikannya, wahai penunjuk pada jalan yang benar.

Hari Ke-20

Allâhummaftah lî fîhi abwâbal jinâni wa agliq ‘annî fîhiabwâban nîrân wa waffiqnî litilâwatil qur’âni yâ munzilas sakînati fî qulûbil mu’minîn.

Ya Allah, bukalah untukku di bulan ini pintu-pintu menuju surga dan tutupkan dariku pintu neraka. Beri aku keberhasilan untuk menelaah qur’an di bulan ini wahai yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang mukmin.

Hari Ke-21

Allâhummaj ‘al lî fîhi ilâ mardhâtika dalîlan wa lâ taj’al lisysyaithâni fîhi ‘alayya sabîlan waj’alil jannata lî manzilan wa maqîlan yâ qâdhiya hawâijal muhtâjîn.

Ya Allah, tuntunlah aku di bulan yang mulia ini untuk mendapat keridhaan-Mu, jangan adakan celah bagi syetan untuk menggodaku. Jadikan surga sebagai tempat tinggal dan bernaungku wahai yang memenuhi hajat orang-orang yang membutuhkan.

Hari Ke-22

Allâhummaftah lî abwâba fadhlika wa anzil ‘alayya fîhi barakâtika wa waffiqnî fîhi limûjibâti mardhâtika wa askinnî fîhi buhbûhâti jannâtika yâ mujîba da’watil mudhtharrîn.

Ya Allah buka lebar –lebar pintu keutamaan-Mu di bulan ini dan curahkan berkah-berkah-Mu Tempatkan aku pada posisi yang membuat-Mu rela padaku. Tempatkan aku di tengah-tengah surga-Mu. Wahai Yang Maha menjawab panggilan orang yang terjepit.

Hari Ke-23

Allâhummaghsilnî fîhi minadzdzunûbi wa thahhirnî fîhi minal ‘uyûbi wamtahin qalbî bitaqwal qulûbi yâ muqîla ‘atsarâtil mudznibîna.

Ya Allah, sucikan aku dari dosa dan segala kejelekan. Uji aku dengan ketakwaan. Wahai yang menghilangkan kotoran para pendosa.

Hari Ke-24

Allâhumma innî asaluka fîhi mâ yurdhîka wa a’ûdzu bika mimmâ yu’dzîka wa asalukat taufîqa fîhi lian utî’aka wa lâ a’shîka yâ ajwadas sâilîn.

Ya Allah aku memohon pada-Mu di bulan yang suci ini dengan segala sesuatu yang membuatmu rela dan berlindung dari hal yang menyakiti-Mu Akupun memohon pada-Mu taufik agar bisa selalu taat pada-Mu dan tidak bermaksiat selalu Wahai Yang Maha Pemberi.

Hari Ke-25

Allâhummaj’alnî fîhi muhibban li awliyâika wa mu’âdiyan lia’dâika mustanan bisunnati khâtami anbiyâika yâ ‘âsima qulûbinnabiyyîn.

Ya Allah jadikan aku di bulan ini lebih mencintai para wali-Mu dan memusuhi musuh-musuh-Mu sesuai dengan sunnah Nabi penutup-Mu, wahai yang menjaga hati para nabi.

Hari Ke-26

Allahummaj’al sa’yii fiihi masykura, wa dzanbii fiihi maghfuura, wa ‘amalii fiihi maqbuula, wa ‘aybii fiihi mastuura, yaa Asma’as-saami’iin.

Ya Allah, jadikanlah setiap lampah lakuku di bulan ini sebagai ungkapan rasa syukur dan dosa-dosaku terampuni amal-amalku diterima dan segala kejelekanku ditutupi. Wahai Yang Maha mendengar.

Hari Ke-27

Allâhummarzuqnî fîhi fadhla laylatil qadri wa shayyir umûrî fîhi minal ‘usri ilal yusri waqbal ma’âdzîrî wa huththa ‘anniyadz dzanba wal wizra yâ ra`ûfan bi’ibâdihîsh shâlihîn.

Ya Allah, berkahilah aku di bulan ini dengan mendapatkan lailatul qodr. Ubah arah hidupku dari hidup yang susah menjadi mudah. Terimalah segala kelemahanku dan hapuskan dosa-dosa dan kejelekanku. Wahai Yang Maha Lembut terhadap hamba-Nya yang shaleh.

Hari Ke-28

Allâhumma waffir hadzdzî minan nawâfili wa akrimnî fîhi bîhdhâril masâili wa qarrib fîhi wasîlatî ilayka min baynil wasâili yâ man lâ yasyghaluhu ilhâhul mulihhîna.

Ya Allah, sempurnakanlah bekalku dengan melaksanakan nawafil serta muliakan aku untuk mempersiapkan hal-hal yang akan ditanya. Dekatkan aku pada-Mu dengan berbagai jalan Wahai Yang tidak sibuk dengan rengekan orang yang merengek.

Hari Ke-29

Allâhumma ghasysyinî fîhi birrahmati warzuqnî fîhit tawfîqa wal ‘ismata wathahhir qalbî min ghayâhibit tuhmati yâ rahîman bi’ibâdihil mukminîn.

Ya Allah, lingkupi aku di bulan ini dengan rahmat-Mu, anugrahilah aku taufik dan penjagaan-Mu. Sucikan hatiku dari benih-benih kebencian, Wahai yang Maha kasih dengan hamba-Nya yang beriman.