Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Asesmen Standarisasi Penilaian Daerah (ASPD)

Asesmen Standarisasi Penilaian Daerah (ASPD)

Sejak tahun 2020, Ujian Nasional sebagai wahana pemetaan mutu pendidikan telah dihapus.  Penghapusan Ujian Nasional tersebut menyebabkan tidak ada standar pemetaan mutu pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan kondisi tersebut, Dinas Pendidikan DIY, menggagas pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) bersama Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota. ASPD juga digunakan sebagai salah satu alat seleksi ketika PPDB yang akan datang.

Setiap sekolah tanpa terkecuali SMP Negeri 3 Pakem pun ikut serta dalam ASPD itu sendiri. Untuk tahun ini ASPD dilaksanakan pada hari Selasa s.d Jumat, 17-20 Mei 2022

Orang tua diharapkan ikut memberi dukungan, doa, perhatian lebih untuk para siswa dengan harapan para siswa semakin termotivasi, semakin bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan masa depannya.

Semoga dengan adanya ASPD tersebut, siswa bisa lebih bersemangat dalam belajar. Sehingga bisa mencapai target yang sudah diimpikan dan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan nilai terbaiknya.

Sumber:

https://www.smpmugayogya.sch.id/read/242/mengenal-lebih-dekat-asesmen-standar-pendidikan-daerah-aspd

https://jogja.tribunnews.com/2021/05/21/nilai-aspd-bakal-dijadikan-salah-satu-alat-seleksi-dalam-ppdb-20212022-di-di-yogyakarta