Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMP NEGERI 3 PAKEM TAHUN PELAJARAN 2023-2024

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMP NEGERI 3 PAKEM TAHUN PELAJARAN 2023-2024

MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah merupakan kegiatan pengenalan budaya dan program sekolah kepada siswa baru. MPLS ini memang dikhususkan bagi siswa baru, agar siswa baru bisa tahu tentang berbagai macam program peminatan, program ekstrakurikuler, tata tertib, budaya sekolah, target sekolah dan berbagai macam hal lainnya. Dengan MPLS ini juga siswa diberikan bekal tentang pentingnya berprestasi di sekolah, karena menjadi siswa berprestasi memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah akan mendapatkan apresiasi dari sekolah.

Kegiatan MPLS itu sendiri berangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 10-12 Juli 2023. Kegiatan tersebut diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ibu C. Cahayaningsih, M. Pd selaku Kepala SMP Negeri 3 Pakem.

Setelah upacara bendera, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan sekolah, kegiatan kesiswaan serta tata krama dan pengenalan budaya sekolah. Di hari selanjutnya ada pengenalan mengenai literasi, profil pelajar pancasila, PHBS, kepramukaan, dsb.

Dihari kedua, siswa mnegikuti penyuluhan mengenai narkotika dan kekerasan seksual yang diisi oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sleman dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak (PPHA) dan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Keluarga Sejahtera Yang Sembada (KESENGSEM).