Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

IN HOUSE TRAINING SMK PK SEKOLAH PENGGERAK

IN HOUSE TRAINING SMK PK SEKOLAH PENGGERAK

Upaya peningkatan Sumber Daya Manusia baik pendidik dan tenaga kependidikan terus dilakukan oleh Kepala SMKN 1 Jabon, Imam Soetopo,S.Pd.MM. Mulai dari kegiatan magang guru di perusahaan hingga memfasilitasi kegiatan-kegiatan Bimtek dan pelatihan yang dilakukan secara daring oleh Kemendikbud melalui Guru Belajar dan Guru Berbagi melalui akun SIM PKB. Salah satu bentuk pelatihannya bertajuk Sekolah Penggerak, yang mengikutsertakan beberapa guru, sebagai wakil dari MGMP sekolah yang selanjutnya diharapkan dapat mengimplementasikan pelatihan tersebut minimal pada rekan-rekan satu sekolah atau SMK-SMK lain.

Program Sekolah Penggerak mendorong sekolah melakukan transformasi diri untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan mengembangkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (P3). Pengembangan ini akan terwujud apabila Kepala Sekolah bersama guru memiliki kompetensi dan kapasitas untuk melakukan reformasi dan restrukturisasi pendidikan.

Pengimplementasian pelatihan di masa pandemi ini dilaksanakan secara daring pula. “In House Training” (IHT) di SMKN 1 Jabon dilaksanakan selama 9 hari mulai tanggal 28 Juni 2021 hingga 7 Juli 2021. Kegiatan diawali dengan mengadakan pertemuan antara Kepala Sekola dan Komite Pembelajaran termasuk Pengawas Sekolah guna persiapan IHT secara keseluruhan, selanjutnya menganalisa hasil pertemuan dan pengambilan keputusan oleh Kepala Sekolah, penyusunan panitia beserta jadwal, sosialiasi implementasi, penyelenggaraan IHT, pelaporan, dan diharapkan peserta selanjutnya dapat menerapkan Pembelajaran Paradigma Baru di sekolah yang mengacu pada Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Peningkatan Signifikan

Imam Soetopo berharap setelah IHT selesai akan ada peningkatan kualitas baik

hardskill dan softskill para peserta didik melalui pembelajaran Paradigma Baru oleh para

guru, sehingga menjadikan SMKN 1 Jabon sebagai sekolah unggulan sekaligus sekolah rujukan Internasional dapat terwujud.

Beberapa materi yang dipaparkan dalam IHT tersebut antara lain tentang Konsep Pembelajaran Paradigma Baru, Filosofi Pendidikan, Merdeka Belajar, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Andragogi, Kurikulum Operasional, Alur Tujuan Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Asesmen dan Modul Ajar

Tugas Pokok Guru

Dr. Nafik Palil selaku motivator nasional   yang juga hadir dalam kegiatan IHT di SMKN 1 Jabon pada hari Kamis, 01 Juli 2021 menyampaikan bahwa guru harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dengan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, di revolusi 4.0 tidak stagnan dan hindarkan pembelajaran dengan cara-cara lama serta mampu menyesuaikan perubahan zaman.

“Meski saat ini sedang menjalani pembelajaran daring, namun tugas pokok sebagai guru harus tetap dilaksanakan dengan semangat , penuh tanggung jawab, dan selalu berkolaborasi sebagai tim work yang solid. Termasuk pembuatan perangkat pembelajaran,” ujar beliau.

IHT yang dilaksanakan melalui aplikasi Google meet di SMKN 1 Jabon selama 9 hari dan diikuti para guru berjalan lancar dengan penuh dedikasi. Para guru pun semakin bertambah ilmu sebagai bekal dan pedoman mempersiapkan diri di Tahun Ajaran 2021/2022 mendatang. (Enry,2021)

Pelaksanaan IHT secara Daring
Pelaksanaan IHT secara Daring