Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Pend. Bahasa Jerman FBS UNIMED Gelar Kuliah Pakar dan Praktisi Mengajar

Prodi Pend. Bahasa Jerman FBS UNIMED Gelar Kuliah Pakar dan Praktisi Mengajar

 KProgram Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan mengadakan Kuliah Pakar dan Praktisi mengajar dengan tema “Probleme der Interkulturellen Kommunikation” dengan mengundang narasumber Dr.Balazs Huszka (Dosen Universiti Brunei Darusalam), Dr.Julia Linder (Praktisi Budaya(DAAD BONN Jerman)), July Samosir (Guru Tk(Jerman)). yang dilaksana secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting pada Kamis (25/08).

Kegiatan ini dibuka Wakil Dekan I FBS Dr. Wahyu Tri Atmojo dan dihadiri oleh para wakil dekan FBS, Kajur Bahasa asing, Kaprodi dan Dosen Pendidikan Bahasa Jerman beserta Mahasiswa Bahasa jerman, dan beberapa fungsionaris di Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I FBS Unimed Dr. Wahyu Tri Atmojo, menyampaikan “Kami sebagai pimpinan Fakultas sangat mengapresiasi dan sangat menyambut baik kegiatan ini karena dengan kegiatan ini dapat saling bertukar informasi tentang belajar Bahasa jerman dan komunikasi antar bangsa. Harapannya dari kuliah pakar dan praktisi mengajar ini agar mahasiswa dapat mengikuti dengan baik supaya bisa diterapkan nantinya. Dan semoga kegiatan ini terus berlanjut nantinya dan mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan dan keahlian yang berguna dalam berbahasa Jerman.”

Dr.Julia Linder dalam materinya menyampaikan bahawa bahasa Jerman adalah jenis bahasa yang tertata dengan baik, sangat penting bahwa kata benda dan kata sifat mengetahui tempat tata bahasa yang tepat dalam kalimat. Seringkali, ketika belajar bahasa asing, pertama-tama kita pasti dikejutkan oleh perbedaan, bukan persamaannya. Tapi justru itulah yang membuatnya begitu menarik.

July Samosir menyampaikan  beberapa tips yang bisa digunakan dalam belajar bahasa Jerman yaitu Tentukan target. Seperti mempelajari bahasa asing lainnya, tentu saja belajar bahasa Jerman itu tidak mudah, tidak instan serta dibutuhkan juga latihan, Banyak Berlatih.,Berlatih sambil bermain, Percaya diri dan harus aktif bertanya. (Humas Unimed/ms)