Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

KUATKAN CAPAIAN PISA MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL GURU

KUATKAN CAPAIAN PISA MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL GURU

Foto : Ibu Susilowati, S.Pd.Si., M.Pd.Si, menjelaskan Live Worksheet

Dalam rangka penguatan capaian Programme for International Student Assessment (PISA), SMP 4 Pakem mengadakan kegiatan  “Workshop Peningkatan Kompetensi Digital Guru  dalam Pembelajaran IPA.  Kegiatan  dalam rangka peningkatan pembelajaran IPA dan sekaligus penguatan literasi digital  tersebut juga untuk meningkatkan capaian   Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kegiatan yang bertempat di SMP Negeri 4 Pakem ini, selain diikuti guru guru SMP 4 pakem dan SMP 1 Sleman juga diikuti oleh guru guru yang tergabung MGMP IPA Kabupaten Sleman. Kegiatan ini difasilitasi oleh dosen dosen IPA UNY yang dikemas melalui PPM UNY.

Peningkatan kompetensi digital  menjadikan guru-guru dapat selalu adaptif mengikuti perkembangan tuntutan pembelajaran abad 21. Pada abad 21 ini, guru harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi  untuk memfasilitasi pembelajaran. Dengan begitu,  dapat meningkatkan hasil pembelajaran dari peserta didik.  Berbagai media teknologi informasi bermanfaat untuk mendesain pembelajaran yang efektif karena terus dilakukan inovasi. Dan selanjutnya menjadi pembelajaran inovatif.

Pembelajaran inovatif yang dijelaskan beberapa dosen pemateri yaitu pembelajaran IPA dengan bantuan digital menggunakan teknologi AR (Augmented Reality) yang dijelaskan oleh Bapak Prof. Dadan Rosana, M.Si. dan teknis dari penggunaan aplikasi AR dipraktikkan dengan bantuan smartphone berbasis Android yang dijelaskan oleh Dosen UNY, yaitu Bapak Didik Setyawarno, M.Pd. dan Ibu Dian Ernawati, M.Pd.

Foto : Peserta mengikuti  workshop dengan serius

Foto : Peserta mengikuti workshop dengan serius

Kegiatan workshop pada pertemuan selanjutnya dilanjutkan dengan pengenalan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) oleh Tim Dosen RG Strategi Kurikulum Pembelajaran IPA oleh Ibu Susilowati, S.Pd.Si., M.Pd.Si. TPACK sebagai salah suatu jenis pengetahuan yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA terpadu di SMP berbasis teknologi yang akan dikaitkan dengan pemanfaatan situs Live Worksheet sebagai sarana penilaian pembelajaran di kelas.

Pembelajaran  abad 21 mengintegrasikan berbagai perangkat teknologi dalam melakukan seluruh rangkaian proses interaksi antara siswa dan guru dengan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Siswa dan guru  abad 21 harus memiliki literasi teknologi yang terampil dan memadai supaya dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dengan efektif dan efisien. Kegiatan pembelajaran IPA di SMP Negeri 4 Pakem sudah berbasis digital dengan pembelajaran sehari-hari siswa dan guru memanfaatkan iPad sebagai media utama dalam pembelajaran di kelas.

Pembelajaran berbasis digital diharapkan dapat mendukung AKM dan PISA. AKM mencakup literasi dan numerasi. Soal AKM dirancang berdasarkan soal PISA yang dikembangkan dari taksonomi Bloom mulai dari C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), hingga C6 (mendiptakan). Pada kegiatan workshop pertemuan kedua AKM dan PISA dijelaskan oleh tim dosen RG Evaluasi Pembelajaran IPA oleh Bu Dr. Maryati, S.Si., M.Si. Beliau memberikan beberapa contoh soal HOTS sesuai dengan PISA yang sangat baik jika dijadikan sebagai soal untuk AKM pada pembelajaran IPA karena di dalam konteks soal tersebut mengandung unsur literasi dan numerasi. (D n E)