Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Unpad Berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan Tinggi di SMA Kolese Loyola Semarang

Unpad Berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan Tinggi di SMA Kolese Loyola Semarang

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran melalui Kantor Komunikasi Publik (KKP) berpartisipasi dalam kegiatan “Bursa Informasi Pendidikan Tinggi 2022” yang digelar SMA Kolese Loyola Semarang pada Jumat (16/9/2022) dan Sabtu (17/9/2022) lalu.

Secara keseluruhan, kegiatan bertema “Beyond the Boundary” tersebut menampilkan 59 stan perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri. Pameran pendidikan tinggi ini dihadiri oleh ratusan siswa dari SMA Kolese Loyola dan sekolah-sekolah di sekitarnya.

Pada acara tersebut, selain mengisi gerai informasi, tim KKP Unpad juga melakukan presentasi pengenalan Unpad kepada siswa SMA dan orang tua siswa yang hadir. Kegiatan ini dapat diikuti secara luring dan daring.

Kepala KKP Unpad Dandi Supriadi, MA (SUT), PhD, saat menyampaikan presentasi mengatakan bahwa saat ini telah terbit kebijakan seleksi penerimaaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri dari Kemdikbudristek.

Terkait hal tersebut, Dandi menyebutkan bahwa ada tiga sistem seleksi yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional melalui tes, dan seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri.

“Pada sistem seleksi berdasarkan tes, tahun 2023 nanti hanya akan diujikan materi tes potensi skolastik (TPS). Sebetulnya selama beberapa tahun ini jalur mandiri Unpad sendiri, sudah menerapkan seleksi berdasarkan tes potensi sklolastik, atau yang di Unpad dikenal dengan Tes Kemampuan Belajar (TKB). Untuk itu, bagi yang akan mengikuti melalui jalur tes, silakan dari sekarang mulai pelajari soal-soal TPS,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Kolese Loyola Yustinus Triyono SJ M.Sc., dalam keterangan persnya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menjembatani dan memfasilitasi kebutuhan informasi bagi para siswa dan orang tua mengenai pendidikan tinggi.

Yustinus berharap, para siswa dapat mempersiapkan dan merencanakan diri jauh-jauh hari untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (rilis/lisnawati)*