Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Duta Untirta Terpilih 2022 Sambut Ajakan BEM Wujudkan Kampus Ramah Perempuan

Duta Untirta Terpilih 2022 Sambut Ajakan BEM Wujudkan Kampus Ramah Perempuan

SERANG – Grand Final Pemilihan Duta Untirta 2022 yang diselenggarakan pada Selasa, (27/09/2022) di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari oleh Ikatan Duta Untirta, organisasi resmi di bawah naungan Humas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), merupakan puncak rangkaian kegiatan pemilihan Duta Untirta tahun 2022. Momen ini menjadi ajang pembuktian bagi 16 finalis yang terdiri dari 8 mahasiswa dan 8 mahasiswi perwakilan dari masing-masing fakultas di Untirta untuk menunjukan pesona 3B yang dimilikinya, yakni beauty, brain, dan behaviour melalui peragaan catwalk dan sesi tanya-jawab bersama tiga dewan juri, yakni Ketua Pusat Layanan Internasional, Dr. Udi Samanhudi, M.Pd; Koordinator Humas dan Kerja Sama, Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M; dan Wakil II Duta Untirta Tahun 2019, Yudhistira Dhias Putra, S.P.

Pada penghujung acara, Nong Syavira Utami Putri dari Fakultas Pertanian dan Kang Bintang Hasbi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis resmi dinobatkan sebagai Duta Untirta Terpilih 2022 yang akan mengemban dan menjalankan berbagai tugas dan program kerja bersama Wakil 1 Duta Untirta 2022, yakni Kang Ridho Nurhidayat (FISIP) dan Nong Ayuningtias (FKIP); Wakil 2 Duta Untirta 2022, yakni Kang Teguh Firnanda (FT) dan Nong Raina Mutiara Aini (FT), Duta Untirta Favorit, yakni Kang Fauzan (FKIP), beserta finalis Duta Untirta 2022 lainnya.

Wakil Presiden Mahasiswa (Wapresma) Untirta periode 2022, Muhammad Haykal berharap kelak Duta Untirta dapat berkolaborasi dengan BEM untuk mewujudkan Untirta sebagai kampus ramah perempuan. “Harapan saya, kita bisa sama-sama bergandengan tangan dan merapatkan barisan bahwa Duta Untirta bisa menjadi patrol bagi mahasiswa di setiap fakultas untuk menjadi garda terdepan untuk memberikan edukasi yang lebih besar dan dalam. Saya juga berharap Duta Untirta bisa menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harus bisa menyalurkan ilmu dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.” Ungkapnya.

Nong Vira dan Kang Hasbi selaku Duta Untirta Terpilih 2022 menyambut hangat ajakan kolaborasi tersebut. “Aku sangat apresiasi Bang Haykal dan BEM KBM Untirta yang sudah support kampus ramah perempuan karena aku kan bagian dari wanita. Tentunya aku sangat ingin berkolaborasi dengan mereka, menjiwai, dan menggandeng bersama.” Ungkap Nong Vira. Senada dengan Nong Vira, Kang Hasbi pun antusias merealisasikan gagasan tersebut. “Hasbi mendukung penuh ajakan BEM KBM Untirta untuk berkolaborasi mewujudkan kampus ramah perempuan karena Hasbi juga seorang lelaki yang memang harus melindungi perempuan.” Ujarnya.

Pemilihan Duta Untirta Tahun 2022 yang merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-41 Untirta diawali dengan seleksi terbuka, lalu dilanjutkan dengan pra karantina pada tanggal 1-19 September 2022. “Pada pra karantina, para peserta dilatih untuk catwalk, menjawab Q&A, belajar tersenyum, dan memperoleh pemaparan berbagai materi.” Terang Ketua Pelaksana Duta Untirta Tahun 2022, Muhammad Rizky Aditya. Selanjutnya, finalis Duta Untirta mengikuti karantina sekaligus menampilkan minat dan bakatnya pada tanggal 21 September 2022 di Gedung Student Center Kampus Untirta Sindangsari. Akhirnya, rangkaian kegiatan ditutup dengan Grand Final Pemilihan Duta Untirta yang turut dimeriahkan dengan penampilan tari dari UKM Pandawa, serta persembahan lagu dan pertunjukan debus dari alumni Duta Untirta.

Rangkaian Pemilihan Duta Untirta 2022 turut melahirkan deretan duta yang kompeten di bidangnya, yakni Nong Yemima Wijaya (FH) sebagai Duta Untirta Berbakat, Kang Miqdad Ats-Tsabit (FT) dan Nong Putri Gita Martiza (FISIP) sebagai Duta Untirta Keselamatan Lalu Lintas, Kang Yudha (FH) dan Nong Rodiyatul (FKIP) sebagai Duta Literasi Untirta, Kang Rezi (FAPERTA) dan Nong Fitri (FEB) sebagai Duta Untirta Anti Narkoba, serta Kang Lutfi (FK) dan Nong Varisa (FK) sebagai Duta Kampus Sehat Untirta.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd. menilai tema “Menjadikan Duta Untirta sebagai Mahasiswa yang Berprestasi, Bertalenta, dan Memiliki Nilai-Nilai Jawara” yang diusung tahun ini sepatutnya diingat, direnungkan, dan dilaksanakan secara terus-menerus oleh mahasiswa Untirta, khususnya Duta Untirta. “Tema duta ini luar biasa. Ada 3 kata kunci yang harus dan patut kita ingat dan laksanakan secara terus-menerus. Yang pertama, bahwa duta kampus adalah mahasiswa yang berprestasi. Paling tidak, prestasi itu ada dua hal, yaitu akademik dan nonakademik. Keduanya dapat menunjang kehidupan ke depan dan kedua prestasi ini harus seimbang. Yang kedua bahwa duta kampus ini bertalenta. Orang yang bertalenta tidak pernah putus asa dan mengeluh karena semua ruang dan hambatan dapat diatasi dengan kreativitas dan inovasinya. Yang ketiga adalah JAWARA yang merupakan singkatan dari Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, dan Akuntabel. Nilai ini adalah nilai yang positif. Teruslah mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas diri kita.” Pesan Aceng. (SAC/ AAP/ VDF)