Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UPA Perpustakaan Untirta Upayakan Integrasi Perpustakaan dengan Mengundang Pustakawan Ahli dari UI

UPA Perpustakaan Untirta Upayakan Integrasi Perpustakaan dengan Mengundang Pustakawan Ahli dari UI

SERANG-Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan Untirta melanjutkan materi Workshop Pengintegrasian Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Rabu, 24 April 2024, di Aula Lantai 3 UPA Perpustakaan Untirta, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang. Pada hari kedua ini, UPA Perpustakaan mengundang Kepala Perpustakaan dari Universitas Indonesia Mariyah S.Sos., M.Hum. Mariyah menyampaikan materi terkait dengan ‘Integrated Library di Perpustakaan Perguruan Tinggi’.

Mariyah menyampaikan bahwa pengintegrasian perpustakaan di perguruan tinggi merupakan upaya optimalisasi layanan fan memperluas akses terhadap sumber daya informasi dengan menyatukan berbagai jenis koleksi dalam layanan entitas terpadu.

“Manfaatnya adalah untuk meningkatkan akses terhadap informasi, efisiensi dalam pengelolaan koleksi, peningkatakan layanan terpadu bagi pemustaka dan dukungan yang lebih besar terhadap kegiatan akademik dan riset,” ujarnya.

Menurut Mariyah, ada beberapa rekomendasi untuk pengintegrasian perpustakaan di perguruan tinggi di antaranya adalah rencana yang matang, gedung mampu menampung semua koleksi, sarana dan prasarana dan SDM yang cukup.

“Penting disiapkan SK rektor, pedoman, kebijakan, SOP, dan peraturan Pengelolaan perpustakaan terintegrasi,” imbuhnya.(HI/AAP)