Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

IAAS Unpad Tanam 83 Bibit Pohon di Gunung Geulis

IAAS Unpad Tanam 83 Bibit Pohon di Gunung Geulis

[Kanal Media Unpad] Organisasi kemahasiswaan International Association of Agricultural Student and Related Sciences (IAAS) LC Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kegiatan penanaman bibit pohon bertajuk “Tree Planting Event: Planting Hope, Saving Earth” di wilayah lereng Gunung Geulis, Jatiroke, Jatinangor, Minggu (21/4/2024).

Sebanyak 83 bibit pohon alpukat ditanam dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bumi Internasional tersebut.

Pada kegiatan ini, IAAS LC Unpad berkesempatan untuk berkolaborasi dengan Dinas Kehutanan, Forum Komunikasi Gunung Geulis, dan Bening Saguling Foundation, yayasan yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat dengan fokus di bidang sosial dan lingkungan.

Selain untuk merayakan Hari Bumi Internasional, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat sekitar, khususnya para mahasiswa, agar lebih peduli terhadap lingkungan alam sekitar.

Kegiatan ini mendapatkan penghargaan dari Dinas Kehutanan dan PJ Gubernur Jawa Barat sebagai bentuk apresiasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Pada pelaksanaannya, masing-masing peserta menanam 2 buah bibit pohon alpukat di lahan yang telah disediakan. Peserta terlebih dahulu dibekali arahan terkait penanaman bibit yang baik dan benar sebelum kemudian memulai agenda penanaman.

Selain menyediakan oksigen dan menyerap karbon dioksida, penanaman pohon juga membawa banyak manfaat lainnya, seperti ketersediaan habitat bagi banyak spesies serta meningkatkan kualitas udara dan tanah. Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya menghijaukan lingkungan, tetapi juga mendukung keberlangsungan ekosistem dan kesehatan manusia.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan serta menjadi pengingat bagi masyarakat untuk senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan. (rilis)*