Selasa, 07 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Guna Meningkatkan Kualitas Media Pembelajaran, LPMPP Gelar Workshop Pengembangan dan Evaluasi SPADA

Guna Meningkatkan Kualitas Media Pembelajaran, LPMPP Gelar Workshop Pengembangan dan Evaluasi SPADA

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Workshop Pengembangan dan Evaluasi SPADA di ruang Multimedia Gedung Rektorat kampus Sindangsari (23/4).

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor bidang akademik Dr. Ir. Rusmana, MP,  Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Prof. Dr. Alfirano, ST., MT, Kepala LPMPP Prof. Dr. Ir. Wahyu Susihono, ST., MT.. ASEAN Eng, dan diikuti oleh perwakilan Dosen perwakilan setiap Program Studi dari 7 Fakultas di Untirta.

Pada kegiatan ini, Prof Maman menyampaikan bahwa ada 50-100 dosen yang siap di record di ruang Multimedia dan di Laboratorium FISIP Untirta. LPMPP hadir untuk memfasilitasi agar konten dan ketersedian sistemnya siap. Agenda ini bertujuan agar ruang virtual di spada lebih berkualitas, memuat konten yang lebih menarik dan lebih meningkatkan kemandirian dalam proses pembelajaranan dimana saja dan kapan saja.

“Ini akan memperkaya dan meningkagtkan kualitas dari SPADA Untirta dan kemudian akan banyak pengguna lebih berkembang jadi alternatif utama pembelajaran yang kedepannya bisa dipilih oleh dosen dan mahasiswa, apakah mau tatap muka di kelas atau secara online”

Dalam sambutahnnya Prof. Wahyu menyampaikan harapannya agar Untirta memeiliki sarana fasilitas lengkap untuk mendukung terwujudnya media pembelajaran efektif melalui SPADA “Lebih representative, harapannya semoga di tahun berikutnya mempunyai ruangan pernmanen sehingga bisa setiap saat dilakukan perekaman”

Rangkaian kegiatan dimulai pada selasa 13 Februari 2024 dengan agenda Inisiasi RPS Case-Based dan Project-based serta refresh SPADA dan MOOC. Kemudian dilanjutkan pada Senin 1 April 2024, dengan pembahasan mengenai pengembangan konten video pembelajaran/ animasi SPADA Untirta, dan selanjutnya diadakan workshop pengembangandan evaluasi SPADA Untirta pada hari ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Rusmana dalam sambutannya menuturkan Untirta berupaya menyediakan ruang pembelajaran yang lebih berkualitas dari yg sudah ada, dengan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran.

“Ini sangat penting, kita berjalan dan bergerak sambil menyiapkan yang belum ada, karena tugas pokok kita di tridaharma salah satunya memberkian pendidikan dan pengajaran melalui SPADA”

Kegiatan ini dilajutkan dengan pemaparan materi tentang sesi pengembangan video/animasi pembelajaran oleh Yogi Leonardi, seorang praktisi dari Tibersa Kreasi Indonesia yang sudah sekian lama berkolaborasi dengan LPMPP. (IHS/AAP)