Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Peringatan Hari Santri

Peringatan Hari Santri

Setiap tanggal 22 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati Hari Santri Nasional. Presiden Joko Widodo meresmikan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Sejarah lahirnya Hari Santri Nasional tidak lepas dari peran masyarakat pesantren yang ingin meneladani golongan santri yang turut berjuang menegakkan kemerdekaan Indonesia. Latar belakang sejarah peringatan Hari Santri 22 Oktober adalah peristiwa dicetuskannya Resolusi Jihad oleh KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Oleh karena itu hari santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Pada peringatan hari santri tahun ini, Kemetrian Agama (Kemenag) mengusung tema, “Berdaya menjaga martabat kemanusiaan”. Tema tersebut memiliki arti santri sebagai pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Sejarah telah membuktikan bahwa santri selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak.

Di SMA Negeri 10 Purworejo, Hari Santri diperingati pada tanggal 24 Oktober 2022, dan dalam rangka memperingati hari tersebut seluruh warga sekolah mengenakan baju muslim tanpa terkecuali. Bapak/Ibu guru dan karyawan mengenakan pakaian muslim bernuansa putih. Demikian juga dengan siswa-siswinya, mengenakan pakaian bernuansa putih.