Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dorong Ekonomi Masyarakat Desa Bekiung Langkat, LPPM UNIMED beri Pembekalan Pengolahan Jagung Jadi Snack

Dorong Ekonomi Masyarakat Desa Bekiung Langkat, LPPM UNIMED beri Pembekalan Pengolahan Jagung Jadi Snack

LPPM Unimed bersama Ristekdikti pada Kamis tgl. 29 Juli 2021 menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk mendorong kamandirian ekonomi masyarakat di Desa Bekiung, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat melalui pengolahan Jagung menjadi produk makanan (snack) berupa emping jagung dan tortilla jagung. Sebagaimana dimaklumi kelemahan petani kita umumnya adalah pengolahan produk pertanian pasca panen yang mengakibatkan kerugian pada petani. Hal ini terjadi dikarenakan keterampilan para petani dalam mengolah hasil pertanian menjadi produk selanjutnya baik berupa olahan awal sebagai bahan baku produk lainnya maupun menjadi produk siap saji. Akibatnya harga yang menurun ketika produk petani melimpah saat panen raya. Keadaan ini terjadi pula pada petani jagung/petani jagung Wanita di Desa Bekiung Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat Sumatera Utara

Melalui analisis situasi yang dilakukan oleh tim pengabdian LPPM Unimed yang terdiri dari Drs. Hidir Efendi, M.Pd, Dra. Leli Fridiaty, M.Pd, dan Jumjuma, SE., ME, dilakukan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan kegiatan “PKM Teknologi Pengolahan Tortila Jagung Dan Emping Jagung Pada Kelompok Tani/Wanita Tani Di Desa Bekiung Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat Sumatera Utara”. Dengan kegiatan yang dilakukan, tim berharap dapat memberi manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bekiung khususnya petani jagung.

Dalam kegiatan ini LPPM unimed melalui tim pengabdi menyerahkan 1 (satu) unit Mesin Pemipih jagung dan Tortilla dengan kapasitas produksi 25 Kg/jam. Untuk lebih mendapatkan efektivitas dan efisiensi penerapannya, mitra dibekali dengan pengetahuan tentang manajemen usaha berupa : manajemen keuangan, manajemen pemasaran, teknologi pengolahan emping dan tortilla jagung berupa variasi aneka rasa, pagkaging, dan pelabelan. Untuk pengetahuan tentang mesin diberikan pengetahuan dan keterampilan menggunakan mesin, perawatan berkala, trouble shoting, dan penggantian komponen jika mengalami keausan dan kerusakan.

Saat kegiatan dilakukan, terlihat tanggapan masyarakat sekitar yang sangat antusias, hal ini dapat dilihat dari kehadiran Kepala Desa (Suria Surbakti), kelompok PKK, Kelompok Tani Jagung Bekiung, pemuka masyarakat, karang taruna, remaja masjid dll. Dari kegiatan yang dilakukan, mitra telah beberapa kali melakukan produksi dan menurut mitra sangat membantu mereka dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Dari perbincangan akhir yang dilakukan dengan mitra, masih diperlukan kegiatan selanjutnya seperti pengurusan izin, setifikat halal dll. serta diversifikasi produk dengan berbagai bentuk dan rasa serta kemasan sesuai dengan sasaran konsumen(Humas Unimed/zr)