Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Unimed Gelar Pelatihan Inovasi Pembelajaran Melalui Project Berbasis 6 Tugas bagi Dosen dan Mahasiswa

Unimed Gelar Pelatihan Inovasi Pembelajaran Melalui Project Berbasis 6 Tugas bagi Dosen dan Mahasiswa

Rektor Universitas Negeri Medan Dr. Syamsul Gultom, SKM.,M.Kes secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Inovasi Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif Melalui Project Berbasis 6 Tugas, di Hotel Grand Mercure Angkasa Medan. (21/10). Acara pembukaan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor II Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd.

Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut Terlaksananya pelatihan dan pendampingan model Project berbasis 6 tugas untuk menumbuhkan literasi sains.
Adapun Narasumber dalam pelatihan ini yakni Prof. Herbert Sipahutar, M.Sc., Ph.D., Nora Ronita Dewi, S.Pd., S.S., M,Hum, Dr. Novida Yenni, M.Si. dan Fitriani Lubis, M.Pd. Ke 4 Narasumber ini akan memaparkan tentang pelatihan model inovasi (pre-test), sampai penerepan pembelajaran project berbasis 6 tugas di sekolah, serta bagaimana proses pendampingannya di sekolah.

Turut memberikan penguatan dalam kegiatan ini yakni Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd (Ketua Senat Unimed) yang memberikan paparan materinya terkait Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif Melalui Project Berbasis 6 Tugas.

Rektor Unimed sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan project berbasis 6 tugas ini adalah model unggulan di kampus kita Universitas Negeri Medan. “Sejak Unimed KKNI yaitu sejak tahun 2016, 6 tugas ini sudah ada di Unimed yaitu ; -Tugas Rutin, -CBR (critical book review), -CJR (critical journal review), -Mini Research , Rekaya Ide, dan Proyek. Semua nanti akan dijelaskan oleh Narasumber dalam kegiatan ini. Untuk menyahuti hal tersebut maka 4 hari kedepan Universitas Negeri Medan akan melakukan workshop,pelatihan terkait inovasi pembelajaran kolaboratif dan partisipatif tentu melalui 6 tugas ini. Kita berharap kepada seluruh peserta pelatihan ini, akan mengikuti kegiatan ini dengn sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Dalam kesempatan ini nanti kita akan sama-sama mendengarkan penguatan – penguatan yang disampaikan oleh Ketua Senat Unimed terkait project berbasis 6 tugas ”. Ujarnya.

Dr. Winsyahputra Ritonga, S.Pd., M.Si selaku ketua pelaksana kegiatan dalam laporannya menyampaikan “Adapun luaran dari kegiatan ini antara lain tersedianya perangkat pembelajaran project berbasis 6 tugas di SMP, serta terlatihnya dosen, mahasiswa, dan guru dari mata pelajaran di SMP. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 45 orang, terdiri dari 9 orang Dosen Unimed, 18 orang Guru dan 18 orang Mahasiswa Unimed.
Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari (21-24/10)”. (Humas Unimed/Js)