Selasa, 29 November 2022
Perguruan Tinggi

Kunjungan Rektor UM ke Pomnas, Berikan Semangat dan Dukungan untuk Para Atlet

Kunjungan Rektor UM ke Pomnas, Berikan Semangat dan Dukungan untuk Para Atlet
image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, dan Wakil Rektor I, Ibrahim Bafadal, M.Pd melakukan kunjungan ke tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) di Padang pada Minggu (20/11)

Dalam rangka memberikan dukungan dan semangat bagi para kontingen Jawa Timur, terkhusus atlet dari Universitas Negeri Malang (UM), Rektor UM dan Wakil Rektor I melakukan kunjungan ke tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) di Padang pada Minggu (20/11). Kunjungan ini dilakukan untuk memenuhi janji ketika pelepasan kontingen Jawa Timur di UM pada minggu lalu.

Ditemui untuk wawancara, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., menjelaskan alasannya datang langsung ke tempat Pomnas XVII. “Paling tidak ketika saya datang kesini, saya tahu kondisi dan hasil pembinaan olahraga di kalangan mahasiswa yang telah kita lakukan selama ini. Masalah menang dan kalah itu urusan nomer dua, yang penting mereka tahu bahwa ketika kalah itu bukan karena permainannya curang, namun ada lawan yang memiliki prestasi lebih baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Hariyono mengungkapkan jika hasilnya belum maksimal, maka kita harus melakukan evaluasi dalam pembinaan olahraga mahasiswa yang telah kita lakukan di kampus kita selama ini. Karena mereka yang memiliki prestasi yang lebih baik itu pasti ada latihan dan proses pembinaan yang lebih baik pula. Kita harus melakukan introspeksi, agar para mahasiswa yang menjadi atlet lebih bersemangat dalam berlatih dan kampus harus memperhatikan bagaimana pembinaan bagi para mahasiswa agar bisa ditingkatkan.

Rektor UM pun optimis bahwa atlet dari UM bisa menyumbangkan banyak prestasi bagi Jawa Timur. “Saat ini, UM merupakan kampus yg menyumbangkan banyak atlet untuk Jawa Timur. Kita patut bersyukur karena bisa berkontribusi lebih banyak. Namun poin pentingnya bukan lebih banyak dalam jumlahnya saja. Saya berharap dan yakin mahasiswa UM akan menyumbangkan banyak kontribusi prestasi dan ikut andil pada perkembangan olahraga jawa Timur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

Pada akhir wawancara, Prof. Hariyono menyampaikan harapannya untuk para atlet yang berlaga. “Tidak kalah pentingnya adalah kedepan olahraga ini bisa melatih sportifitas dan karakter pada anak didik kita. Bahwa untuk berhasil memperoleh prestasi diperlukan keseriusan, keuletan, dan semangat. Juga mampu berkolaborasi dan bekerjasama dengan yang lain, karena banyak pertandingan yang dilakukan Bersama tim,” pungkasnya. 

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM