Selasa, 29 November 2022
Perguruan Tinggi

Tips Menentukan Jalan Hidup dari CEO SejutaCita

Tips Menentukan Jalan Hidup dari CEO SejutaCita

Alfina Sahira Putri (kiri) dan Andhika Sudarman (kanan) saat kegiatan Grand Talkshow ISE 2022

Kampus ITS, ITS News – Bak memilih jalan di suatu persimpangan, proses penentuan tujuan hidup acapkali memunculkan dilema dalam diri. Menyikapi itu, CEO SejutaCita, Andhika Sudarman membagikan tips untuk menentukan jalan hidup pada kegiatan Grand Talkshow Information System Expo (ISE) yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Andhika menyebut bahwa dalam menentukan tujuan hidup, seseorang perlu mengetahui jiwa yang dimilikinya. Ia menerangkan bahwa terdapat dua tipe orang dalam menjalani hidupnya. Tipe yang pertama adalah orang yang memilih jalan paling aman. “Orang dengan tipe ini sangat standar, contohnya setelah lulus SMA dia kuliah, lalu bekerja, menikah, dan seterusnya,” jelas CEO sekaligus founder Deall Jobs ini.

Berbanding terbalik dengan tipe pertama, orang tipe kedua justru gemar mengambil risiko besar dalam hidup. Perjalanan hidup orang dengan tipe ini dapat dikatakan tak semulus tipe pertama. “Akan tetapi, perlu diingat bahwa semakin tinggi risiko yang diambil, maka akan semakin besar pula keuntungan yang dapat diperoleh,” ungkap Andhika.

Andhika Sudarman (kanan) saat menjelaskan salah satu perusahaannya pada kegiatan Grand Talkshow ISE 2022

Mahasiswa terbaik Harvard Law School tahun 2020 ini turut menekankan bahwa tidak ada yang salah antara kedua tipe orang yang telah disebutkan. Pasalnya, setiap orang bebas untuk memilih serta menentukan jalan hidupnya masing-masing.

Meskipun demikian, Andhika juga mengingatkan bahwa apa pun pilihan yang diambil seseorang, akan ada pihak yang tak suka dengan hal tersebut. “Jika kamu sudah memilih sebuah jalan yang baik, terus jalani itu dan tidak perlu dengarkan apa yang orang lain katakan,” pesannya.

Ketika sudah menemukan jalan yang akan ditempuh, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk sukses di jalan tersebut adalah kerja keras. Meskipun terdapat beberapa orang yang dapat menggapai kesuksesan tanpa bersusah payah, namun menurut Andhika kerja keras berpotensi memperbesar peluang menuju kesuksesan. “Caranya adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan kita saat ini,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya