Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PEMBELAJARAN BERSAMA IDUKA PT. POS INDONESIA DENGAN KOMPETENSI KEAHLIAN OTKP SMKN 1 TASIKMALAYA

SMKN 1 Tasikmalaya sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk menjadi Sekolah Pusat Keunggulan di Jawa Barat, memiliki program-program unggulan yang merupakan aplikasi dari Kurikulum Paradigma Baru. Salah satu program peningkatan kompetensi siswa sesuai dengan kompetensi keahliannya adalah dengan melaksanakan Pembelajaran Bersama IDUKA.

Kegiatan Pembelajaran Bersama IDUKA kali ini SMKN 1 Tasikmalaya bekerja sama dengan PT. POS INDONESIA Tasikmalaya sebagai IDUKA yang memberikan pembelajaran dan sekaligus pelatihan yang lebih aplikatif sesuai dengan keahliannya yaitu retail.

Dalam kesempatan itu hadir sebagai pemateri yaitu Ibu Desi Fyon, sebagai Manajer Pelayanan, Rizal Setia N sebagai AE dan Tri Budi Yuliansya sebagai Manajer Jasa Keuangan. Dalam pemaparannya pemateri menekankan pada pentingnya menunjukkan sikap dan karakter positif dalam dunia kerja yang menunjang penguasaan kompetensi pada bidang yang dikuasai.

Pembelajaran bersama IDUKA ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan SMK yang diharapkan siap memasuki dunia kerja. Selain itu yang paling penting dari pembelajaran bersama IDUKA ini adalah bagaimana siswa memiliki Soft Skill dan karakter yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Program pembelajaran bersama IDUKA ini selain dilaksanakan di sekolah, juga para siswa akan melaksanakan pembelajaran langsung di IDUKA sehingga mereka bisa merasakan langsung pengalaman dan suasana kerja yang sebenarnya.

Dengan pola pembelajaran bersama IDUKA ini diharapkan selurus siswa SMKN 1 Tasikmalaya akan mendapat pengalaman dan tambahan pengetahuan yang sangat diperlukan setelah lulus dari sekolah.