Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Merayakan Hari Sumpah Pemuda : SMANSALI Meriahkan dengan Festival Bulan Bahasa Tahun 2022

Merayakan Hari Sumpah Pemuda : SMANSALI Meriahkan dengan Festival Bulan Bahasa Tahun 2022

             

Festival Bulan Bahasa yang digelar untuk memperingati hari dibentuknya Sumpah Pemuda akhirnya dirayakan kembali di SMA NEGERI 1 PEMALI. Tidak hanya SMA NEGERI 1 PEMALI, seluruh sekolah di penjuru Indonesia juga ikut serta merayakan festival kebahasaan dan kesastra ini. Tentu hal tersebut dilakukan untuk melestarikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa yang telah disepakati oleh para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Pada tanggal 26-27 Oktober 2022, Festival Bulan Bahasa di SMA NEGERI 1 PEMALI dirayakan selama 2 hari dengan diisi berbagai macam lomba yang menarik. Lomba-lomba yang diselenggarakan oleh sekolah yaitu Duta Pustaka yang menjadi promodel bagi para pelajar, Arastama Bastra di lapangan, Pandai Berbahasa Daerah Bangka, Pagelaran Budaya, dan masih banyak lagi.

Pada hari pertama acara ini dibuka dengan kata sambutan dari wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Bapak Agus Irawan S.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan teks Sumpah Pemuda oleh seluruh siswa/i yang hadir di lapangan basket SMAN 1 Pemali.

Kegiatan pertamanya ialah talkshow yang membahas tentang prestasi serta motivasi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para siswa/i SMAN 1 Pemali. Narasumber pada talkshow ini ialah Bapak Derry Nodyanto dan Bapak Dani Akhmad, yang mana keduanya merupakan guru PPKn di SMAN 1 Pemali.

Hari ke-2 Festival Bulan Bahasa tidak kalah meriahnya dengan hari pertamanya. Seluruh pelajar dari kelas X, XI, dan XII ikut menyaksikan berbagai penampilan dari para peserta kegiatan. SMA NEGERI 1 PEMALI juga kedatangan tamu spesial, yaitu Bapak Hendri selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Bangka.

Pembukaan festival diawali dengan penampilan Tari Saman yang diiringi lagu Bungong Jeumpa oleh siswi SMA Negeri 1 Pemali. Lalu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, juga membacakan Ikrar Sumpah Pemuda oleh seluruh pelajar dan guru-guru.

Ibu Eflina, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA NEGERI 1 PEMALI memberikan kata sambutan dengan cara yang unik, yaitu melalui puisi, pidato, dan pantun. Beliau berpesan bahwa kegiatan Festival Bulan Bahasa ini perlu dilakukan oleh seluruh sekolah di Indonesia untuk membangkitkan semangat jiwa muda anak bangsa, menyadarkan bahwa kita semua adalah calon pemimpin bangsa. Betapa beliau kagum dengan para pemuda yang mencetus satu kesepakatan, berupa satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Berlanjut dengan pidato dari Bapak Hendri sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Bangka. beliau merasa bangga sebagai orang yang berasal dari Pemali, karena Pemali memiliki sekolah yang berkualitas seperti SMA NEGERI 1 PEMALI. SMA NEGERI 1 PEMALI benar-benar mendukung Festival Bulan Bahasa yang dapat meningkatkan kualitas karakter siswa.

Acara di hari ke-2 ini diisi dengan lomba-lomba menyenangkan seperti Arastama Bastra dan Pandai Berbahasa Daerah Bangka yang diikuti oleh beberapa pelajar sebagai perwakilan kelas. Serta-merta dilanjutkan dengan kegiatan Festival Bulan Bahasa lainnya seperti vokal solo, vokal duet, puisi, pantomim, dan akustik yang diisi oleh para pelajar dari berbagai kelas.

~Sella dan Alya