Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Yuk Tengok Semangat dan Antusiasme Peserta Sosialisasi dan Promosi PMB PTN di SMAN 10 Kabupaten Pandeglang

Yuk Tengok Semangat dan Antusiasme Peserta Sosialisasi dan Promosi PMB PTN di SMAN 10 Kabupaten Pandeglang

(Pandeglang – 12/1/23) – Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) wilayah Banten (Untirta) memberikan sosialiasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) perguruan tinggi negeri (PTN) kepada perwakilan guru dan siswa-siswi SMA se-Pandeglang bertempat di SMAN 10 Kabupaten Pandeglang. Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan dewan guru dan siswa dari sepuluh sekolah yang diundang khusus oleh penyelenggara untukj mengikuti sosialisasi dan promosi ini. (12/1).

Koordinator sosialisasi dan promosi SNPMB wilayah Banten/Untirta Veronika Dian Faradisa menyampaikan materi terkait Seleksi Naional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri. “Terdapat beberapa perubahan pada penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun ini, diantaranya yaitu LTMPT berubah menjadi SNPMB, SNMPTN menjadi SNBP dan SBMPTN menjadi SNBT”, ujarnya. Ia juga mengatakan bahwa semangat para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi jangan sampai terhalang oleh masalah biaya. “Pemerintah menyiapkan KIP Kuliah bagi para siswa yang kurang mampu, oleh karena itu kepada seluruh siswa diharapkan dapat berkompetisi positif baik secara akademik maupun non akademik, karena dengan prestasi tersebut kita dapat mewujudkan mimpi-mimpi kita dan membanggakan orang tua”, imbuhnya. Kemudian terkait dua jalur nasional SNBP dan SNBT Vero menegaskan bahwa kompetisi ini murni secara nasional, jadi persaingannya bukan hanya di tingkat sekolah saja, tapi se-Nasional. “Ayo tunjukan semangatmu, belajar dengan sungguh-sungguh, mencari informasi dari kanal resmi, berdo’a dan meminta restu dari kedua orangtua untuk menggapai masa depan cemerlang”, pungkasnya.

Kepala Sekolah Hj. Aa Qonaah, M.Pd SMAN 10 Kabupaten Pandeglang selaku penyelengara kegiatan menyampaikan bahwa para dewan guru dan siswa-siswi serta orangtua sangat membutuhkan informasi terkait dengan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri. “Kami mengundang Untirta dalam hal ini Panitia SNPMB Banten dengan tujuan agar informasi  kebijakan terkait PMB PTN dapat langsung disampaikan kepada semua pihak, sehingga terjadi komunikasi yang baik dalam satu frekwensi terkait dengan pola penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Antusiasme peserta kegiatan sangat terlihat walaupun di terik matahari namun mereka tidak beranjak untuk mendapatkan informasi detail tentang pola PMB tahun ini. Diharapkan seluruh SMA/MA sederajat di Banten dapat melaksanakan kegiatan serupa sehingga tidak ada lagi alasan sekolah atau siswa tidak mengetahui informasi PMB PTN.

Informasi penting seputar pmb PTN dapat diakses melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ , untuk informasi penerimaan mahasiswa baru Untirta dapat diakses melalui laman : pmb.untirta.ac.id , untuk informasi KIP Kuliah dapat diakses pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. (AAP/VDF)