Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Webinar Pend. Sejarah FIS UNIMED : Peran Pemuda dalam Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

Webinar Pend. Sejarah FIS UNIMED : Peran Pemuda dalam Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNIMED menggelar Webinar melalui platform Zoom pada Kamis (28/10). Tema yang diangkat adalah “ Pemuda Kreatif Indonesia Jaya ”

Webinar tersebut menghadirkan empat narasumber yakni : Sumardiansyah Perdana Kusuma ( Presiden Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI)), Satriawan Salim, S.Pd., M.Si( Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru), Dr. Dirgantara Wicaksono, M.M., M.Pd. (CEO Guru Youtuber), Dr. Tapil Rambe, S.Pd., M.Si (Wakil Dekan I FIS UNIMED). Acara tersebut dibuka oleh Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, Diikuti juga oleh Wakil Dekan, Fungsionaris, dosen ,guru serta mahasiswa prodi sejarah.

Saat membuka kegiatan Dalam Sambutannya, Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd mengatakan Sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini apalagi tema yang diangkat pemuda kreatif Indonesia Jaya yang tentunya bisa membangun dan mengembangkan kompetensi abad 21 bagi pemuda terutama sebagai mahasiswa sehingga nantinya bisa jadi vioner maupun guru penggerak yang kreatif, inovatif memiliki kemampuan kritis,literasi digital yang baik, kolaboratif dan bertanggung jawab tetapi tetap dalam nilai nilai Bhineka Tunggal Ika. Mari kita ikuti webinar ini dengan baik Karena para narasumber adalah narasumber yang yang akan menyampaikan sejarah dan kajian kajian penting terutama membangun peran serta mahasiswa sebagai pegiat pemuda yang smart dalam mengisi pembangunan Indonesia melalui pendidikan dan kesadaran sejarah yang terus berkembang dan sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin maju dimasa digital dan tentu harus mampu beradaptasi dengan perkembangan namun tetap dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan nilai –nilai persatuan nilai budaya dan norma keindosiaan .

Satriawan Salim, S.Pd., M.Si dalam paparannya mengatakan Ada lima peran pemuda dalam pendidikan yaitu Menjadi pendidik, Membangun sekolah alternative, Menjadi Volunter pendidikan, Inovasi Teknologi Pembelajaran, Membangun platform pembelajaran digital. Dan ada Lima potensi pemuda yaitu Keberanian, Kekuatan/semangat, Memberi solusi, Idealisme, Aktivisme penggerakan dan rasa nasionalisme.

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.M., M.Pd dalam paparannya mengatakan Generasi Millenials adalah generasi yang lahir ditahun 1980an hingga 2000an. Generasi inilah yang saat ini disebut sebagai pemuda. Generasi ini yang melek teknologi dan masuk ke era digital sehingga disebut pemuda digital. Bahwa Peran pemuda digital untuk kemajuan bangasa adalah Pemuda sebagai agen pedidik , Pemuda sebagai agen perubahan, Pemuda sebagai agen pembangunan, Pemuda sebagai agen pembaharuan.(Humas Unimed/ms)