Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Webinar BIO-Enterpreneurship Siapkan Lulusan Mempunyai Wawasan Berwirausaha

Webinar BIO-Enterpreneurship Siapkan Lulusan Mempunyai Wawasan Berwirausaha

Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar Webinar BIO-Enterpreneurship III secara daring yang membahas tentang “Kebijakan Kurikulum Berwawasan Kewirausahaan dan Aplikasinya Di Dunia Usaha”, Jumat (28/10/2021). Acara ini dibuka oleh Dr. Hasruddin, M.Pd. selaku Ketua Jurusan Biologi UNIMED. Webinar ini menghadirkan pemateri yang ahli dibidangnya, yakni Apt Endang Sulistyarini Gultom, S.Si., H. Suryono (Direktur Utama PT. Basimbah Tani), Zepplin S Riitonga, S.E. (Direktur Pemasaran PT. Basimbah Tani).

Dalam arahannya ketika membuka acara Ketua Jurusan Biologi UNIMED Dr. Hasruddin, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan webinar yang ketiga di jurusan biologi yang merupakan suatu penelitian kebijakan dalam rangka menghadirkan praktisi di kampus dan webinar ini merupakan suatu wadah untuk mendekatkan diri mahasiswa dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) kaitannya dalam BIO-Enterpreneurship. Kami berharap arahan dari para narasumber akan menjadi motivasi bagi mahasiswa jurusan biologi untuk dapat membuat proposal PPKM, Miniriset, dan sebagainya.

Dalam paparannya, Apt Endang Sulistyarini Gultom, S.Si., mengatakan “Untuk menyahuti kebijakan oleh Kemendikbud yaitu adanya pemberlakuan Program MBKM, BIO-Enterpreneurship mendekatkan dengan dunia usaha dan aplikasinya. Di dalam kurikulum sudah ditetapkan bahwa kewirausahaan adalah hal yang sangat penting. Tentu akan membuat paradigm cara berpikir mahasiswa yang awalnya dikampus hanya mencari pengetahuan saja tapi diharapkan mahasiswa sekarang memiliki jiwa entrepreneurship. Saat ini lulusan Perguruan Tinggi hanya mencari pekerjaan, tapi tidak terpikir membuat lapangan pekerjaan karena yang terjadi sekarang adalah lapangan pekerjaan mulai sedikit dan banyak pengurangan SDM. Atas dasar itulah jiwa enterpeneurship harus dimiliki dari sekarang di bangku perkuliahan.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Ahmad Shafwan S Pulungan, S.Pd.,M.Si berlangsung lancer dan tertib hingga acara penutupan. Kehadiran para pesertapun antusias mengikutinya, hal ini dapat dilihat dari banyak nya pertanyaan dari mahasiswa biologi terkait penjelasan dari para narasumber. Diharapkan acara ini dapat menambah wawasan dan mengubah paradigma mahasiwa agar lebih baik.(HumasUnimed/fg)